Gempa Guncang Waingapu dan Bima

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Selasa, 31 Oktober 2017 pukul 06.37.19 WITA, Waingapu Nusa Tenggara Timur dan Bima Nusa Tenggara Barat diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=5,4. Episenter terletak pada koordinat 8,88 LS dan 118,98 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km arah tenggara Kota Rupe, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 133 km.

Menurut BMKG, gempa tersebut dirasakan di Ruteng, Labuhan Bajo, dan Tamolaka II SIG-BMKG (III-IV MMI), Bima, Waingapu II SIG-BMKG (III MMI), Nusa Dua I SIG-BMKG (II-III MMI), Gianyar I SIG-BMKG (II MMI). Hal ini sesuai dengan Peta tingkat guncangan gempabumi (Shakemap).

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar naik (Thrust Fault).

Hingga pukul 06:10 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di wilayah Bima, Waingapu, Mataram dan Denpasar dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.