Tidak Ada Penambahan Kursi di DPRD Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Padron Paulus mengaku peluang penambahan Kursi DPRD Kota Kupang pada pemilu legislatif mendatang semakin kecil. Hal itu disebabkan jumlah penduduk Kota Kupang berdasarkan hasil verifikasi dan validasi oleh Ditjen Adminduk, Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Kota Kupang hanya sebesar 438.005 jiwa. Sedangkan data pelayanan Adminduk Kota Kupang, oleh DispendukCapil jumlah penduduk Kota Kupang sebanyak 523 ribu jiwa.

“Dengan jumlah penduduk sesuai hasil verifikasi seperti itu tidak ada penambahan kursi DPRD Kota Kupang, karena berdasarkan aturan, untuk penambahan jumlah kursi, harus dikuti dengan besaran jumlah penduduk. Sedangkan jumlah penduduk di Kota kota kupang untuk sementara tidak memenuhi kriteria untuk penambahan jumlah kursi,” Kata Paulus kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Senin (30/10/2017).

Padron mengaku, dari hasil konsultasi Komisi I, bersama pemerintah di Kemendagri, dan KPU Pusat, soal pencocokan data jumlah penduduk yang berbeda antara Kemendagri dan DispendukCapil Kota Kupang, pihaknya mendapat jawab dari pihak Ditjen Adminduk, bahwa tidak ada salah dengan data kependudukan yang dikeluarkan Kemendagri soal jumlah penduduk yang berjumlah 438.005 jiwa. Hanya saja, data tersebut belumlah final, karena data tersisa hampir 100 ribu jiwa dari Dispendukcapil, akan diverifikasi kembali, sehingga masih ada kemungkinan data jumlah penduduk bisa meningkat dan ada peluang untuk penambahan kursi.

Baca juga : Kadis PUPR NTT Minta Bantuan Walikota Kupang Terkait Pembebasan Lahan

Hanya saja, kata Paulus, pihak KPU sudah akan menetapkan jumlah dapil dan jumlah kursi pada Bulan Desember 2017 nanti, sesuai dengan data jumlah penduduk yang ada pada semester II, namun pada saat itu, pihak Kemendagri belum bisa mengeluarkan data penduduk semester II, karena pihak Kemendagri baru bisa mengeluarkan data penduduk pada 31 Desember atau awal Januari, sehingga jika KPU mau menetapkan jumlah Kursi dan Dapil pasti menggunakan data semester I tahun 2017.

“Kalau ada koordinasi antara Kemendagri dan KPU Pusat soal rilis data jumlah penduduk dan penetapan jumlah kursi dan dapil, maka bisa saja Kota Kupang mendapat tambahan kursi. Itu kalau hasil verifikasi ulang jumlah penduduk Kota Kupang bisa mencapai 500 ribu jiwa,” katanya.