Kegiatan Olahraga Gala Desa Kota Kupang, Resmi dibuka Walikota

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Walikota Kupang Jefri Riwu Kore secara resmi membuka Kegiatan Gala Desa dan Kupang Fun Bike. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Kupang, di halaman Kantor Walikota Kupang, Sabtu (21/10/2017).

Kegiatan Pembukaan Gala Desa dan Fun Bike dihadiri oleh Deputi Bidang Pmeberdayaan Kemenpora RI. Pembukaan kegiatan Gala Desa yang yang memperebutkan Piala dan Piagam Mempora RI, ditandai dengan penabuhan Gong oleh Walikota Kupang.

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Olahraga seperti ini sangat bagus mengingat di daerah-daerah diluar pulau jawa, terutama Kota Kupang mempunyai atlit-atlit berbakat cukup banyak. Namun karena minimnya turnamen-turnamen menyebabkan bakat-bakat itu tidak bisa diasah dengan baik.

Menurut Walikota, di Kota Kupang banyak atlit berbakat yang kalau ditempa secara baik mereka bisa berbicara banyak diluar negeri. Salah satu contohnya adalah cabang olah raga kempo yang berprestasi ditingkat dunia, dan kebanyakan atlitnya berasal dari Kota Kupang, belum lagi ditambah atlit-atlit dari cabang olah raga lain yang juga berprestasi. Mereka umumnya berasal juga dari Kota Kupang. Untuk itu, dirinya sangat menghargai sikap dari pihak Kemenpora yang menyelenggarakan kegiatan olah raga untuk mencari atlit-attlit berbakat sejak dini.

Baca juga : Jambore Forum Orang Muda di Perbatasan Belu-Timor Leste

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Kemenpora RI, Tubulau dalam sambutannya mengatakan, Pihaknya sengaja membuat kegiatan gala desa dalam rangka mendukung gerakan masyarakat sehat (Germas) melalui gerakan “ayo olah raga”. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung kebijakan revolusi mental melalui dunia olah raga, serta menggali potensi atau bakat olah raga yang berasal dari desa/kelurahan untuk dikembangkan ditingkat Nasional maupun internasional.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan Gala Desa dan Fun Bike Kota Kupang, Ejbends Doeka dalam laporan panitia, menyebutkan, untuk turnamen Gala desa di Kota Kupang akan mempertandingkan enam cabang olah raga, diantaranya, cabang olahraga sepak Bola, Atletik, Sepak Takraw, Volli, Bulu Tangkis, Tenis Meja. Menurutnya, pertandingan keenam canang olahraga tersebut akan dipertandingkan dibeberapa kelurahan. Untuk cabang olahraga sepakbola akan berlangsung di Kelurahan Airmata, Kelurahan Manutapen untuk cabang olahraga Kepak Takraw, serta Beberapa kelurahan yang akan menjadi tempat kegiatan cabang olahraga, Bulutangkis, Tenis Meja, Atletik, dan Voli.

Dikatakan, semua pembiayaan pelaksanaan turnamen gala desa dan fun bike Kota Kupang, dibebankan kepada APBN Kemenpora Tahun Anggaran 2017.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*