GMIT Siapkan Aneka Kegiatan Sambut HUT ke-70 dan 500 Tahun Reformasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) ke-70 dan HUT Reformasi yang ke-500 tahun, GMIT akan menyelenggarakan beragam kegiatan untuk memeriahkan sekaligus sebagai bentuk refleksi.

Hal ini disampaikan Ketua Majelis Sinode GMIT, Pendeta Merry Kolimon, didampingi Ketua Panitia Perayaan HUT GMIT ke-70, Winston Neil Rondo saat menggelar konferensi pers di Kupang, Rabu (18/10/2017).

Menurut Pdt. Merry Kolimon, merayakan HUT Reformasi ke 500 secara bersamaan dengan perayaan HUT GMIT ke 70 merupakan sebuah momen sejarah yang sangat istimewa. Pertambahan usia semakin menyadarkan bahwa waktu terus bergerak maju, memperpanjang kenangan dan memerkaya refleksi kehidupan.

“Momentum perayaan HUT Reformasi dan HUT GMIT sungguh merupakan sebuah anugerah Tuhan. Tentu saja, perayaan ini bukan semata- mata untuk melihat masa lalu. Pada momen ini kita patut merenungkan penyertaan Tuhan sebagai jaminan untuk berbenah dalam rangka menyongsong masa depan,” ujarnya.

Perayaan ini, lanjut Pdt. Merry Kolimon, dapat menjadi momentum menemukan spirit reformasi untuk memantapkan kontribusi dari gerakan reformasi itu bagi kehidupan bersama, ketika sedang menghadapi berbagai ketegangan, koflik, kekerasan, dan penderitaan zaman ini.

Baca juga : Masyarakat Desa Harus Punya Semangat Membangun

“Kiranya perayaan kita tidak berhenti pada keindahan dan keajaiban yang ada pada sejarah masa lalu, malainkan memberi dorongan bagi perjuangan untuk perdamaian dan keadilan bersama dengan mereka yang terbuang atau yang dipaksa bermigrasi akibat kekerasan yang terus meningkat,” tandasnya.

Ketua Panitia Perayaan 500 tahun Reformasi dan HUT GMIT ke-70, Winston Neil Rondo menyampaikan, GMIT menyelenggarakan Pekan Perayaan HUT ke-70 GMIT dan HUT Reformasi ke-500 tahun dalam kemasan aneka kegiatan dan kemeriahan, baik yang diselenggarakan di jemaat dan klasis- klasis maupun puncak acara lingkup sinodal selama sepekan penuh.

“Untuk tema yang diangkat dalam perayaan ini yaitu “Allah Yang Hidup Perbaharui dan Pulihkanlah GMIT”. Salah satu tujuan dari pekan perayaan HUT GMIT dan Reformasi, adalah mendorong warga GMIT untuk merefleksikan makna gerakan reformasi dan gerakan mencintai GMIT secara relevan dalam konteks pelayanan GMIT,” ungkapnya.

Winston menyebutkan, adapun beragam kegiatan yang akan digelar yakni, Expo dan Pameran, Lomba Mewarnai dan Menggambar, Lomba Esay Reformasi, Seminar Nasional, Pertemuan Diaspora GMIT, Bedah Buku 70 Tahun GMIT, Bhaksos Peduli Sekolah GMIT, Peresmian Prasasti GMIT, Penganugerahan Teladan Kesetiaan Pelayanan GMIT dan Puncak Ibadah Syukur.

“Untuk kegiatan Pertemuan Diaspora GMIT sendiri dipastikan akan dihadiri oleh dua menteri, yakni Menteri ESDM Ignatius Jonan dan Menteri PDT, Eko Putra Sanjoyo,” pungkas Winston.