Serahkan Berkas Hari Terakhir, Parpol Menilai Sebagai Hari Keberuntungan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Batas akhir penyerahan berkas Senin (16/10/2017) banyak Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste yang memasukan berkas Parpolnya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Belu.

Diabadikan media, Senin siang para pemimpin serta pengurus Parpol diantaranya PDIP, Demokrat, NasDem, PPP dan Golkar secara bergantian keluar masuk ruangan kantor Komisi tersebut guna menyerahkan berkas mengikuti verifikasi pada pemilu 2019 mendatang.

Nampak dalam ruangan para pengurus Parpol antri bahkan berdesakan untuk memasukan berkas ke staf KPU yang menerima. Terlihat ada tiga meja petugas atau staf KPU yang melayani penerimaan berkas Parpol.

Penilaian beberapa para pimpinan Parpol yang menyerahkan berkas tersebut di hari terakhir merupakan hari keberuntungan bagi Parpolnya.

Kepada media usai penyerahan berkas Ketua PDIP Kabupaten Belu, Yohanes Juang mengatakan, bagi partainya tidak ada persoalan menyerahkan berkas hari terakhir. “Kita sudah lakukan konsultasi selama ini dan tidak ada masalah,” ujar dia.

Menurut Juang, penyerahan berkas di hari terakhir bagi Parpolnya merupakan hari baik sesuai kalender leluhur. Hal itu menandakan bahwa partainya siap mengikuti verifikasi dalam rangka pemilu 2019.

Demikian juga penilaian Partai Demokrat yamg dikatakan Ketua DPC Willybrodus Lay bahwa, penyerahan berkas di hari terakhir merupakan hari baik dan hari keberuntungan. “Kita pilih serahkan berkas di hari terakhir karena hari ini yang dipilih ini merupakan hari keberuntungan,” terang Lay.

Baca juga : Kader PDIP Harus Paham Ideologi Partai

Lanjut dia, sesuai data sistem informasi parpol (Sipol) jumlah pengurus partai sebanyak 311 orang dan itu merupakan jumlah data keberuntungan. Karena itu,hari ini menjadi hari keberuntungan bagi partai Demokrat.

“Karena angka tiga dikurangi satu sama dengan dua. Dua kalau ditunjukkan dengan jari maka berbentuk huruf V yakni Victory artinya kemenangan,” papar Lay.

Ketua DPD Partai NasDem, Yohanes Tannur didampingi sekretaris, Stefanus Mau mengatakan penyerahan berkas dalam bentuk sipol merupakan hal baru sebagai konsekuensi dari perkembangan Iptek.

Akui dia, terdapat kendala dalam input data, namun berkat kerja keras dan kerja sama, seluruh pekerjaan terselesaikan dengan tuntas. Penyerahan berkas ke KPU bukti kesabaran para pengurus partai dalam menyelesaikan berkas yang telah ditentukan (Sipol).

“Kita siap mengikuti verifikasi administrasi dan faktual ke depannya,” kata dia.

Sementara itu Ketua KPUD Kabupaten Belu, Martin Bara Lay menuturkan, sejauh ini tidak ada persoalan bagi parpol yang menyerahkan berkas di hari terakhir. Sebelumnya jelas dia, banyak pengurus parpol yang sudah berkonsultasi ke KPU terkait penerimaan berkas.

Dikatakan, menjelang pemilu 2019 verifikasi administrasi dan faktual akan dilakukan sesuai tahapan dan waktu yang ditentukan. Sesuai ketentuan waktu, awal Desember proses verifikasi berakhir.

Sesuai data yang telah diperoleh, Parpol yang telah menyerahkan berkas dengan status dokumen lengkap yakni, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hanura dan Partai Berkarya.