Kapal Roro Mulai Diminati Warga Sumba Timur

Lapporan Muhammad Habibudin
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kapal Roro (roll on-roll off) yang saat ini melayari antar pulau Jawa Surabaya – Benoa dan Waingapu Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai diminati warga pulau Sumba yang hendak berpergian ke Surabaya dan Benoa Nusa Tenggara Barat (NTB).

”Kapal roro ini sudah mulai diminati warga Sumba Timur karna penumpang bisa membawa kendaraan mobil dan motor selain itu pula kapalnya besar dan luas serta makanpun dijamin didalamnya,”kata seorang penumpang Ilyas Amiruddin ketika ditemui di pelabuhan Waingapu, Sabtu (7/10/2017).

Menurut Ilyas, semenjak kapal roro ini melayari kota Waingapu, Surabaya dan Benoa banyak penumpang yang belum mengetahui kapal ini namun setelah masyarakat mengetahui penggunaan kapal ini, penumpangpun mulai berminat untuk berpergian ke Lombok dan Surabaya.

Baca juga : Perkampungan Adat Tarung di Waikabubak Ludes Terbakar

Sementara Afly Donatus seorang pemerhati pelayaran kota Waingapu menuturkan, semenjak kapal roro ini beroperasi di kota Waingapu, banyak warga Sumba Timur belum mengetahui keberadaan kapal ini, namun beberapa bulan terakhir ini penumpang dan kendaraan mulai banyak yang turun.

“Awal masuknya kapal ini memang sebulan ada dua kali masuk Waingapu, namun sekarang ini ada penambahan jadwal menjadi sebulan empat kali setiap hari Selasa,”kata Afly.

Lanjut Afly, jika dilihat dari keberadaan kapal roro ini memang sangat membantu walaupun masih ada kapal Pelni seperti KM Awu dan KM Willis namun saat ini nampaknya orang memilih kapal roro karna pelabuhan tujuannya dapat dilintasi jalan darat di beberapa daerah seperti di NTB dan Surabaya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*