Perkampungan Adat Tarung di Waikabubak Ludes Terbakar

Laporan Muhammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Salah satu perkampungan adat istimewa dan sejumlah rumah warga di kabupaten Sumba Barat kampung Tarung, Sabtu (7/10/2017) sekitar pukul 16.00. Wita ludes terbakar dilalap si jago merah.

“Rumah yang berciri tradisional di kampung itu hangus terbakar, karna bangunan itu terbuat dari kayu dan alang-alang, jadi api cepat merambat kemana-mana,”jelas Umbu Yami ketika dikonfirmasi via telpon sore tadi.

Dia menambahkan, perkampungan tarung itu berada diatas bukit yang letaknya di tengah kota Waikabubak kabupaten Sumba Barat dan jarak bangunanpun berdekatan sehingga dengan mudah api merambat kerumah warga disekitarnya.

Baca juga : Dandim 1601 Sumba Timur: HUT TNI ke-72 Bersama Rakyat TNI Kuat

“Didalam kampung Tarung itu selain rumah adat ada juga batu kubur megalitik yang beridiri ditengah kampung yang melambangkan penganut kepercayaan Marapu orang Sumba,”tuturnya.

Menurut Umbu, peristiwa kebakaran yang terjadi ini belum mengetahui sumber apinya dari mana, namun sumber api masih terus diselidiki oleh pihak kepolisian.

Sementara beberapa nara sumber yang hendak dikonfirmasi terkait peristiwa kebakaran itu belum dapat dihubungi karna sampai dengan saat ini dikhabarkan api belum berhasil dipadamkan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*