Copa NTT Memasuki Babak 8 Besar, Duel Flores VS Timor

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Turnamen Sepakbola Diaspora NTT memasuki fase 8 Besar. Tim-tim yang lolos di fase ini terdiri dari : PS Kota Kupang, Perseftim, Kupang FC, Persami, Sikka Selection, Perse, Persab dan PS Ikalsabda.

Untuk babak 8 besar hingga final, pertandingan akan dimainkan setiap hari sabtu di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Kesepakatan ini dilakukan pada pertemuan Manejer dan Pelatih dari 8 tim yang lolos 8 besar di Wisma NTT pada selasa (3/10/2017).

Panitia Copa melakukan perubahan jadwal untuk menyesuaikan dengan jadwal lapangan di GOR Ciracas, ujar Laurens Fernandez Komisi Pertandingan. Dengan demikian waktu recovery pemain juga sangat memungkinkan sehingga di partai semi final dan final, pemain akan tampil prima, lanjut anak Merdeka yang biasa disapa No Fernandez.

PS KOTA KUPANG VS PERSEFTIM
Tim Kota Kupang akan mengawali laga perdana 8 besar pad sabtu (7/10/2017) berhadapan dengan anak-anak dari kaki Gunung Ilemandiri, Perseftim Flores Timur pada pukul 16.00 wib.

Pertemuan kedua tim ini seakan mengingatkan kita pada babak penyisihan, dimana keduanya berada dalam satu grup, saat itu pertandingan berakhir dengan seri 2-2.

Anak-anak Kota Kupang akan tampil dengan permainan cepat dengan pertahanan cattanacio ala Italia, sedangkan anak-anak Ilemandiri Flores Timur akan bermain dengan satu-dua sentuhan. Kekuatan kedua tim berimbang, tinggal kecerdikan masing-masing pemain dalam memanfaatkan situasi di lapangan. Flotim sedikit unggul dalam skill di lapangan tengah, sedangkan Kupang punya kelebihan fighting spirit, dengan pertahanan bagaikan batu karang, sehingga sangat sulit ditembus lawannya.

Stef Lemba Coach Perseftim meyakini laga ini akan dimenangkan anak-anak dari Flores Timur. “Kami belajar dari pertandingan sebelumnya ketika kami bertemu di penyisihan grup. Pada pertemuan kali ini, kami akan fokus pada penyerangan karena target kami cuma satu, yaitu kemenangan”, papar Stef Lemba didampingi Enci Fernadez sang Manejer Tim.

Perseftim akan akan memainkan formasi 4 3 3, Mantho Lamo sebagai dirigen lapangan tengah akan menjadi inspirasi alur serangan, dengan targetman striker asing asal Papua yang sempat memperkuat Liga 3 Indonesia.

Mickael Kapitan Pelatih PS Kota Kupang tak gentar menghadapi ancaman Perseftim, dengan formasi 4 3 3 kami tidak peduli siapa lawan kami, tim batu karang siap meladeni permainan Perseftim. Kami bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata, namun harus diperhitungkan dalam Turnamen Copa NTT kali ini, ujar Mickel Kapitan penuh semangat.

Sementara itu pengamat Copa NTT yang juga adalah mantan pemain PSK Kupang, Kol. Adm.Nelson Noak yang selalu memberikan dukungan bagi anak-anak Kota Kupang berpendapat, kedua tim merupakan kesebelasan yang punya gaya permainan yang berbeda, untuk itu layak tampil di 8 besar. Pada Copa NTT kali ini keduanya akan membuktikan siapa yang terbaik, setelah pernah bermain imbang di babak penyisihan. Prediksi saya pertandingan berakhir seri 2-2.

 

Permainan akan menarik dan enak ditonton, akan terjadi serangan yang sporadis dari kedua tim. Anak-anak Kota Kupang harus mampu meredam emosinya dan melakukan determinasi dengan memanfaatkan kecepatan penyerang sayapnya. jika pemain Kota Kupang membiarkan gelandang Perseftim leluasa memegang bola, petaka bagi PS Kota Kupang. Om Gibol memprediksi Perseftim akan menang tipis 1-0.

PERSAMI VS KUPANG FC.
Partai kedua hari sabtu akan mempertemukan Persami Maumere vs Kupang FC pada pukul 18.00 wib. Pertemuan dua tim dari daratan Timor dan Flores ini sangat dinantikan masyarakat pecinta bola di Jabodetabek.

Kupang FC sangat siap karena pada babak 16 besar bermain sangat konsisten dengan determinasi yang tinggi, ditopang stamina yang bagus. Berbeda dengan Persami yang baru tampil setelah mendapatkan keuntungan bye di babak 16 besar. Persami harus adaptasi lapangan dan tensi pertandingan, jika kendala ini tidak bisa diatasi dalam 10 menit babak pertama maka selamat jalan bagi anak-anak Maumere.

Manche Kota pelatih gaek yang banyak makan asam garam, merendah ketika diminta pendapatnya dalam duel bergengsi dua tim dari daratan yang berbeda ini. “Kupang bermain bagus, kualitas pemain yang merata, pertandingan melawan Lembata FC adalah bukti kalau tim ini punya determinasi yang tinggi. Dengan kualitas yang terbatas Persami akan coba mengimbangi anak-anak Sapi Putih julukan Kupang FC, ujar Manche anak Maumere yang murah senyum.

Sementara itu di tempat terpisah pelatih Kupang FC berjanji akan menyajikan permainan yang menghibur bagi masyarakat penggila bola di Jabodetabek. “Kami akan turun dengan kekuatan full tim, bermain sabar dengan melihat celah untuk melakukan counter attack” papar Ishak Teuf sambil menikmati sirih pinang di Wisma NTT Tebet.

Secara tim Persami unggul di lini tengah, mereka berani memainkan bola-bola pendek, sebaliknya Kupang FC tidak punya jenderal lapangan tengah yang mampu mengatur irama permainan. Kupang FC akan bermain dengan long passing dengan mengandalkan kecepatan penyerangnya, sedangkan Persami akan bermain denga counter attack dengan menempatkan pemain gaek Carlos yang punya shooting dan kecepatan yang tidak kalah dengan penyerang Kupang FC. Pertandingan akan berlangsung dengan tensi yang tinggi. Anak-anak Maumere akan mendapat dukungan dari suporter fanatiknya yang siap menyambut gol-gol yang akan lahir dari kaki Carlos dkk dengan goyang Maumerenya.

Om Gibol memprediksi Kupang FC akan memenangkan pertandingan ini, tim ini sudah teruji dalam babak penyisihan dan 16 besar, sedangkan Persami butuh waktu untuk adaptasi lapangan. Prediksi Om Gibol skor tipis untuk Kupang FC. Semoga kedua tim dapat menunjukkan permainan yang berkualitas sehingga yang menang menjadi kebanggaan dan yang kalah menjadi kenangan terindah bagi Copa NTT. Bola bundar kita tunggu dan saksikan sendiri di GOR Ciracas Jakarta Timur. (FW)
Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*