Fraksi PDIP Minta OPD Serius Eksekusi Program yang Telah Dianggarkan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Fraksi PDI Perjuangan DPRD NTT meminta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah provinsi NTT yang secara teknokratis bertugas menjalankan amanat Perubahan APBD untuk sungguh- sungguh melaksanakan eksekusi kebijakan berbagai program dan kegiatan yang telah dianggarkan.

Demikian disampaikan Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Emanuel Kolfidus pada sidang Paripurna Pendapat Akhir Fraksi- Fraksi DPRD NTT terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Provinsi NTT Tahun Anggaran 2017, Senin (2/10/2017).

Menurut Kolfidus, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah harus serius melaksanakan eksekusi kebijakan, sehingga penyerapan anggaran semakin meningkat, sekaligus akan meningkatkan pergerakan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Penyerapan anggaran yang tinggi pada sisi yang lain akan mampu meningkatkan daya beli masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. “Hal ini sangat penting karena pertumbuhan ekonomi di NTT masih didominasi oleh sumbangan belanja pemerintah, terutama belanja modal,” katanya.

Baca juga : Fraksi Keadilan dan Persatuan Tolak Rencana Pembangunan Gedung Kantor DPRD NTT

Pemerintah, lanjut Kolfidus, diminta untuk menyelesaikan tunggakan persoalan yang masih menjadi sorotan publik terutama bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang merupakan bidang- bidang dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia.

“Fraksi PDI Perjuangan setuju adanya alokasi anggaran guna memenuhi kebutuhan kekurangan gaji ASN, honor guru kontrak, honor tenaga kontrak bidang kesehatan, pemenuhan hak kesejahteraan ASN dan honorer lingkup pemerintah provinsi, dan pemberian bonus atlit berprestasi,” tandasnya.

Akhirnya, kata Kolfidus, Fraksi PDI Perjuangan menerima Rancangan Perubahan APBD Provinsi NTT Tahun Anggaran 2017 untuk dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.