Kodim 1605/Belu Nobar Film G 30 S/PKI di Lokasi Sasaran TMMD Desa Maneikun

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu menggelar nonton bareng (nobar) film G 30 S/PKI di lokasi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 tahun 2017 di Desa Maneikun, Sabtu (30/9/2017).

Pemutaran film tersebut terpusat kantor Desa Maneikun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste.

Kurang lebih sekitar 175 warga masyarakat di desa perbatasan tersebut yang hadir menonton pemutaran film tersebut bersama dengan para prajurit TNI yang bertugas di tapal batas.

Dandim 1605/Belu, Letkol Czi Nurdihin Adi Nugroho membenarkan, pemutaran film G 30 S/PKI yamg bertema perjuangan di lokasi TMMD bagian dari sasaran non fisik. Ini bagian penyuluhan berupa meningkatkan rasa kebangsaan dan nasionalisme, membudayakan semangat gorong royong serta kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Baca juga : Antisipasi Genangan Air Saat Musim Hujan, Dinas Kebersihan Fokus Bersihkan Selokan

“Itu lah mengapa Kodim menggelar Nobar film bertema perjuangan di lokasi TMMD Desa Maneikun,” ujar dia saat dihubungi NTTOnlinenow.com, Minggu malam (1/10/2017).

Dijelaskan, TMMD ke-100 tahun ini ada dua sasaran yang satunya sasaran fisik pembukaan jalan, rehab rumah Mess Guru dan bangun ruang perpustakaan di Desa Fatulotu dan Maneikun.

Lanjut Nurdihin, pemutaran film G 30 S/PKI tidak hanya sebagai sarana hiburan bagi warga yang berada di lokasi TMMD. Selesai seharian bergotong royong bersama TNI, tetapi juga sebagai pengetahuan tentang sejarah Bangsa kepada para generasi muda Indonesia khususnya yang berada di tapal batas.

“Dengan pemutaran film tersebut, warga generasi muda bisa mengetahui sejarah. Warga masyarakat akan semakin mencintai bangsanya melalui pemutaran film itu dan mencegah berkembangnya paham komunis,” harap dia.