Off Road Akan Meriahkan HUT TNI ke-72 di Perbatasan Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 pada tanggal 5 Oktober 2017 di Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan Indonesia-Timor Leste akan digelar even off road.

Lokasi even off road akan dilaksanakan di stadion Haliwen, Kelurahan Manumuin, Kecamatan Kota Atambua. Even yang akan dihadiri peserta offroader dari Belu, TTS dan Kupang akan berlangsung selama tiga hari sejak Jumat 6 sampai dengan 7 Oktober.

Demikian disampaikan Ketua Panitia off road, Manuel do Carmo dalam pertemuan panitia bersama Dandim 1605/Belu dan Perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTT di ruang transit Makodim Belu, Selasa (26/9/2017).

Menurut do Carmo, kegiatan off road yang akan digelar selama tiga hari itu dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-72 di tapal batas Belu dengan negara Timor Leste. Kegiatan ini juga guna membangun semangat TNI bersama warga di daerah perbatasan.

“Ini bentuk rakyat cinta TNI, bersama rakyat TNI kuat. Tanggal 2 Oktober para peserta sudah ada di Atambua lakukan persiapan latihan. Nanti usai upacara puncak HUT TNI mobil off road akan konvoi. Setelah itu tanggal 6 pagi even dimulai sampai tanggal 8 Oktober,” papar dia.

Perwakilan IMI NTT, A.Rais menuturkan, dirinya selaku pengawasan dan juri even off road. Kaitan itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan otomotif harus mendapat rekomendasi dari IMI setelah itu baru ke Polisi untuk berikan izin keramaian.

Baca juga : HUT TNI Ke-72, Kodim 1618/TTU Gelar Turnamen Dandim CUP IV

Dikatakan, harus ada induk organisasi yang bertanggungjawab menjaga berjalannya even tersebut. Segala sesuatu yang berkaitan dengan even dari awal hingga selesai akan dilaporkan ke IMI di pusat. “Kita sudah lakukan inspeksi dan pantau lokasi off road layak untuk even, dan sudah kita berikan rekomendasinya,” sebut Rais.

Intinya jelas dia, dari IMI NTT sangat bersyukur even otomotif di NTT cukup berkembang. Terbukti dalam tahun ini ada 30 lebih even otomotif dan animo warga sangat tinggi.

“Kita bersyukur dan terima kasih untuk Pak Dandim yang sudah gelar even roda empat ini. Konteks perbatasan, even ini akan ramai dan akan dihadiri offroader dari Timor Leste,” ucap Rais.

Dandim Belu, Letkol Czi Nurdihin Adi Nugroho menuturkan, kegiatan ini dalam rangka HUT TNI ke-72 dimana sesuai tema bersama rakyat TNI kuat. Ini bukti rakyat cinta TNI dan ini kado khusus buat HUT TNI di tapal batas Belu-Timor Leste.

Jelas dia, even off road yang akan dilaksanakan selama tiga hari akan menggandeng Dinas Pariwisata Belu. Diharapkan even off road ini menjadi even tahunan kalender Pendidikan di perbatasan Belu dengan sasaran offroader Timor Leste.

Tambah Nurdihin, rangkaian kegiatan lainnya yang telah dilakukan guna peringati HUT TNI ke-72 yakni, baksos TNI-Polri di Silawan yang dihadiri Pangdam Merdeka, pembersihan pantai yang berlokasi di TPI Atapupu.

“Kemarin kegiatan donor darah. Juga akan ada pameran Alutsista TNI dan Polri di puncak HUT, dan sementara masih kita rapat lagi untuk mantapkan,” pungkas dia.