Daerah Pinggiran Kota Dapat Penerangan Jalan Tenaga Surya

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk tahun 2017, pemerintah Kota Kupang akan menambah penerangan jalan di kawasan pinggiran Kota Kupang yang belum terjangkau listrik sebanyak 150 unit. Penerangan jalan untuk kawasan pinggiran Kota Kupang akan menggunakan listrik tenaga surya.

Demikian dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Umum, setda Kota Kupang, Jhoni Bire kepada wartawan di ruangkerjanya, Jumat, (15/9/2017).

Bire mengaku, untuk tahun 2017, pemerintah Kota Kupang telah menganggarkan anggaran sebesar Rp.9 miliar untuk menambah sebanyak tiga ribu titik terang di Kota Kupang.

Baca juga : RDP Bahas e-KTP, Komisi I Undang Walikota Kupang

Namun karena tiga ribu titik terang tersebut lebih mengandalkan jaringan listrik melalui Perusahan Listrik Negara (PLN), maka daerah yang belum dilalui jaringan listrik, dalam hal ini jaringan yang menggunakan tiang listrik, pihaknya akan menggunakan penerangan jalan menggunakan tenaga surya. Hal ini dilakukan agar daerah, daerah pinggiran juga mendapat penerangan jalan, layaknya wilayah ditengah Kota.

Bire mengaku, meskipun penerangan jalan diwilayah pinggiran menggunakan listrik tenaga surya, tetapi lampu penerangannya menggunakan lampu LED yang mempunyai daya terang yang sangat baik. Lampu jenis tersebut juga digunakan untuk penerangan jalan di Kota Kupang.

“Jadi meskipun menggunakan listrik tenaga surya, penerangan jalan di daerah pinggiran, sama seperti dipusat keramaian di Kota Kupang, karena menggunakan lampu jenis yang sama,” kata Bire.