Empat Warakawuri Ziarah Nasional Bersama Panglima TNI ke TMP Seroja Dili

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTonlinenow.com – Kodim 1605/Belu memberangkatkan empat orang Warakawuri melakukan ziarah nasional bersama Panglima TNI ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja di Dili Negara Timor Leste.

Ke empat Warakawuri asal Kabupaten Belu tersebut diantaranya, Luisa Da Silva Carvalho (53), Angelina Pareira (59), Paulina Bui Kali (56) dan Antonia Soares (63).

Salah seorang Warakawuri Antonia Soares Isteri almarhum Kopka Alfredo Siga anggota Ki Hubrem 164/Wd yang ditemui media, Rabu (13/9/2017) di Makodim Belu mengisahkan, almarhum suaminya meninggal dunia setelah dibunuh massa pada tanggal 24 Desember 1996 lalu.

Kejadian tersebut terjadi tepat di depan Ajenrem pada saat kegiatan perarakan Uskup Dili Carlos Filipe Ximenes Belo dari Bandara Dili menuju Gereja Immaculata Katedral Dili, Timor-Timur.

Dikatakan, dirinya sangat bersyukur dan berterimah kasih karena mendapatkan perhatian dari pihak TNI khususnya Kodim 1605/Belu atas perhatian yang telah memfasilitasi untuk melakukan ziarah bersama Bapak Panglima TNI ke TMP Seroja Dili.

“Saya sangat bersyukur sekali, karna jasa dari almarhum suami saya tidak sia-sia. Walaupun sudah meninggal lama namun jasanya masih di hargai sampai sekarang dan saya ikut ziarah ke TMP Seroja Dili,” ucap Soares.

Baca juga : Belu TV Gabung ke OPD, Dirut Minta Dasar Hukum Yang Sesuai

Kesempatan itu Angelina Pareira isteri dari almarhum Serka Bajelio Dos Santos Martins menuturkan, almarhum suaminya di makamkan di TMP Seroja Dili. Suatu kebanggaan bagi dirinya, sudah 18 tahun pasca eksodus tidak pernah berkunjung ke makam suaminya.

Dia merasa sangat senang dan gembira karena dapat perhatian dari Kodim Belu yang mendatangi rumahnya dan menyampaikan bahwa akan diurus administrasi untuk dirinya ke Dili dalam rangka ziarah ke makam almarhum suaminya.

“Saya bersyukur keinginan saya bersama tiga ibu Warakawuri ke TMP terpenuhi. Ini berkat bantuan dari Kodim Belu dan terimakasih kepada pak Dandim yang telah membantu dalam memfasilitasi kami untuk melihat makam suami di Dili.

Terpisah Dandim 1605/Belu, Letkol Czi Nurdihin Adi Nugroho yang dihubungi membenarkan, pihaknya memberangkatkan empat orang Warakawuri untuk ziarah ke makam almarhum suami mereka bersama Panglima TNI di TMP Seroja, Dili-Timor Leste.

“Ziarah tersebut dalam rangka HUT TNI ke-72 yang akan dirayakan pada 5 Oktober mendatang. Sementara ini kami sedang persiapkan ke empat Warakawuri tersebut, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga dokumennya yakni passport. Selesai ziarah mereka (4 Warakawuri) langsung kembali ke Atambua,” sebut dia.

Untuk diketahui, ke empat Warakawuri tersebut akan di berangkat dari Atambua menuju Kupang pada tanggal 18 September mendatang. Pada tanggal 19 September keempatnya akan istrahat di Mess Korem dan tanggal 20 September diberangkatkan menggunakan pesawat dari Kupang menuju Kota Dili, Timor Leste.