Undana Kupang Berubah Status Jadi Badan Layanan Umum

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang yang tadinya berstatus Satuan Kerja (Satker), mulai Senin tanggal 4 September 2017 akan berubah status menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

Hal ini disampaikan Rektor Undana Kupang, Profesor Fredrik Benu kepada wartawan di sela- sela penyerahan hewan kurban di Masjid Bonipoi Kupang, Jumat (1/9/2017).

Fredrik Benu menjelaskan, perubahan status Undana Kupang dari Satker menjadi BLU yang akan diumumkan bertepatan dengan Dies Natalis ke 55 pada Senin (4/9/2017) itu, menunjukan adanya keseriusan Undana Kupang untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa.

Baca juga : Pemuda GMIT Polycarpus dan Ebenhaezar Gelar Persami

“Jadi status Undana Kupang pada Dies Natalis ke 55, secara langsung berubah menjadi BLU. Pada Dies Natalis ke 55 itu, kami juga akan mewisuda 1.560 orang dari berbagai program studi. Termasuk pak Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni, diwisuda Megister Hukum (MH) dan sekaligus menjadi ALumni Undana Kupang,” ungkap Fredrik Benu.

Menurut Fredrik Benu, perubahan status ini membawa konsekuensi, bahwa menjadi BLU berarti pelayanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa harus lebih baik. Karena konsekuensi dari BLU ini, pemerintah pusat mengurangi tanggungjawab anggarannya.

“Rupiah murni semakin berkurang dan kami yang membayar sendiri gaji dan remunerasi para dosen, para profesor doktor,” ujar Fredrik Benu.

Terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT), Fredrik Benu menyatakan, tidak mengalami kenaikan. Bahkan pihak Undana dalam menyediakan anggaran sendiri melalui upaya kebijakan non-UKT, yaitu lewat unit-unit pendidikan tinggi termasuk program- program pendidikan lain diberdayakan untuk memberikan pemasukan bagi Undana.