Orientasi Mahasiswa Baru, Dandim 1601 Bekali Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Orientasi Mahasiswa baru Universitas Kristen Wira Wacana Sumba Timur, Komandan Distrik Militer (Kodim) 1601 Sumba Timur, Letkol Inf.Zainuddin membekali tentang kehidupan berbangsa dan bernegara kepada sejumlah Mahasiswa baru.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Rabu (30/8/2017) bertempat di gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu.

Letkol Inf. Zainuddin menjelaskan, bangsa adalah suatu kelompok menusia yang memiliki identitas yang sama mempunyai keturunan, bahasa, ideologi, budaya dan sejarah serta berpemerintah sedangkan bangsa mempunyai landasan, etika, moral berahlak mulia, sosial dan adil.

Lanjut Zainuddin, negara adalah suatu wilayah kekuasaan baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh suatu pemerintahan yang berada di wilayah itu sedangkan bernegara adalah manusia yang memiliki kepentingan sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa.

Baca juga : Siswa SMA PGRI Dibekali Wawasan Kebangsaan Oleh Dandim 1601 Sumba Timur

Zainuddin mengatakan, Indonesia adalah negara yang subur dan memiliki sumber daya alam yang banyak sehingga banyak negara-negara lain yang ingin menguasai Indonesia, di sisi lain kekayaan alam Indonesia saat ini masih dikuasai asing dimana perusahan-perusahan asing banyak beroperasi di Indonesia contohnya PT Freeport dan New mont.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan harus berwawasan luas, harus bisa merubah Sumba Timur agar taraf hidup masyarakat lebih baik, mahasiswa adalah pemimpin masa depan dan bela negara tidak mesti angkat senjata namun melaksanakan sesuai porsi masing-masing,”katanya.

Dia menambahkan, mahasiswa juga harus berpikiran jernih dan peka terhadap lingkungan begitu juga kita harus bangga menjadi orang Indonesia dan sebagai pemuda harus selalu di depan dan berperan penting dalam setiap pergerakan dan perubahan.