Perbankan Diminta Turunkan Suku Bunga Sesuai Aturan BI

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyayangkan perbankan yang belum menurunkan suku bunga kredit. Sementara Bank Indonesia (BI) yang telah menurunkan suku bunga acuan BI 7-days repo rate dari 4,75 persen menjadi 4,5 persen.

Menurut Darmin, hal tersebut menandakan bahwa BI sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Sebenarnya kan tingkat bunga turun karena inflasi terkendali. Ya ada ruang untuk turunkan tingkat bunga. Dan kita apresiasi BI lakukan itu. Karena dia sebenarnya bisa saja bilang nanti juga The Fed naikkan bunga, tapi dia gak lakukan itu, berarti lebih pro terhadap pertumbuhan,” kata Darmin, di Monas, Minggu (26/8).

Meski demikian, Darmin menyayangkan perbankan yang belum menurunkan suku bunga kredit. Hal tersebut, lanjutnya, selalu terjadi setiap BI menurunkan suku bunga.

“Itu selalu, pasti. BI turunkan 0,5 dia turunkan 0,1 sampai 0,2. Kalau dia nanti makin yakin oh ini malah arahnya turun lagi, dia turunin. Ini adu psikologis. Kalau ini turun sekali kemudian naik dia tidak akan turunkan,” ujarnya.

Dengan demikian, Darmin menyarankan agar BI mengundang bank-bank besar untuk membahas hal tersebut.

“Ada Pak Wimboh (Ketua DK OJK), tadi kita sudah ngobrol-ngobrol supaya mereka mulai undang bank-bank besar liat strukturnya, kan yang dibesarkan oleh bank itu marginnya sehingga profitnya naik dalam situasi orang lebih susah. Nah itu yang harus didorong jangan gitu dong, anda turunkan,” tegas Darmin.

“Tidak sekedar imbauan tapi tidak maksa juga. Dari dulu saya dan Pak Wimboh sudah lakukan itu sejak di BI. Bilang hei ini struktur biaya anda begini, harusnya anda begini,” pungkasnya.
Sumber : Merdeka.com

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*