Rakor Karhutlah Polres Sumba Timur Libatkan Kodim 1601 dan Pemda

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Dalam pengamanan dan mengantisipasi pembakaran hutan dan lahan (KARHUTLAH) yang terjadi di Kabupaten Sumba Timur, Kepolisian Resort (Polres) Sumba Timur libatkan Kodim 1601 dan Pemerintah daerah (Pemda) Sumba Timur yang bertempat di ruang rapat (Vidio Conference) Polres Sumba Timur.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur. Umbu Lili Pekuwali, Wakil ketua I DPRD. Umbu Manggana, Kapolres Sumba Timur. AKBP Victor MT Silalahi, Dandim 1601. Letkol Inf. Zaenuddin dan Kejari Waingapu. Max Oder Sombu.

Rakor tersebut untuk membahas antisipasi dan pengamanan pembakaran hutan yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa titik rawan kebakaran di Sumba Timur seperti di kecamatan Tabundung, Haharu, Pinupahar, Karera, dan Kanatang.

Baca juga : KKP dan Pemkab Sumba Timur Gelar Rakor Bantuan SKPT

“Tentang pembakaran hutan dan lahan yang marak terjadi di Sumba Timur, tentunya kita harus segera mengatasinya, sehingga rapat koordiansi ini kita akan membentuk posko untuk pengamanan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan,”demikian dikatakan Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor MT Silalahi, Jumat (25/8/2017).

Menurut Victor, dengan kejadian tersebut, kita juga menghimbau kepada warga agar tidak melakukan pembakaran dalam hutan, termasuk membuang puntung rokok sembarangan yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk saling mengamankan dan mengantisipasi terjadinya pembakaran hutan, sekaligus kita melibatkan TNI khususnya Kodim 1601 Sumba Timur, pemerintah daerah, Kejaksaan Negeri Waingapu dan DPRD Sumba Timur sebagai mitra keja Polisi,”harapnya.