TNI-POLRI Gelar Baksos di Lamaknen Selatan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu, Satgas Yonif Raider 712/Wiratama kerja sama dengan Polres Belu dan Komunitas Perbatasan 17 melaksanakan kegiatan bakti sosial bagi warga di tapal batas Lamaknen Selatan, Rabu (23/8/2017).

Kegiatan yang terpusat di lapangan Piebulak, dusun Pauk, Desa Lo’oluna, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu berbatasan langsung dengan Timor Leste itu sebagai wujud nyata bangun kepedulian dan persaudaraan di tapal batas RI-RDTL.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan, Dansatgas Yonif Raider 712/Wt Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan, Perwakilan Divisi Humas Mabes Polri AKBP Pandra, Divisi Humas Polda NTT AKBP Yohanis, Kepala Imigrasi Atambua, Kurniadie, Kasdim 1605/Belu Mayor Inf Pasaribu, Ketua Tim KP 17 Belu, Alex J serta seluruh prajurit TNI dan POLRI.

Kapolres Belu Yandri dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan dari masyarakat di perbatassn Kecamatan Lamaknen selatan yang sangat antusias dengan kegiatan baksos.

Bakti sosial sudah menjadi keharusan dan kewajiban bagi TNI-Polri untuk melayani masyarakat membantu penggobatan secara gratis bagi masyarakat di perbatasan yang jauh dari pusat pelayanan maupun dari pusat Kota Kabupaten.

“Baksos ini program bersama antara instansi untuk membantu masyarakat di batas. Hal ini tetap terjalin tali silaturahim antar muspika dan instansi TNI/Polri yang ada di wilayah ini untuk memajukan potensi wisata yang ada di tapal batas NKRI ini,” ucap dia.

Baca juga : Warga Lamaknen Serahkan 6 Pucuk Senpi Kepada Kapolres Belu dan Dansatgas Yonif R 712/WT

Yandri meminta warga masyarakat di tapal batas Kabupaten Belu dan Timor Leste khususnya di Lamaknen Selatan untuk mendukung personel TNI-Polri yang sementara melaksanakan atau menjalankan tugas di Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini.

“TNI dan POLRI selalu ada untuk rakyat dan akan selalu membantu masyarakat melalui kegiatan sosial,” ujar dia.

Usai sambutan dilakukan penyerahan secara simbolis seragam sekolah dan alat tulis oleh Kapolres Belu, perwakilan Divisi Humas Mabes Polri, Dansatgas Yonif Raider 712/Wt, Kasdim Belu, Kepala Imigrasi dan sponsor kepada para pelajar di wilayah tapal batas itu.

Dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan baksos yang meliputi pemeriksaan, pengobatan gratis, khitanan massal dan pasar murah. Sebanyak 1.230 warga masyarakat mulai dari pelajar hingga orang dewasa di perbatasan Lamaknen ikut dalam kegiatan tersebut.

Camat Lamaknen Selatan, Yustinus Loko menyampaikan terimakasih pada Kapolres Belu, Dandim 1605/Belu, Dansatgas Yonif R 712/Wt atas kepedulian terhadap masyarakat Lamaknen selatan dengan menggelar kegiatan bakti sosial.

“Baksos ini sangat bantu ringankan beban warga. Ada pengobatan gratis dan memang selama ini masyarakat Lamaknem Selatan sanggat kesulitan mendapatkan obat-obatan menggingat jarak yang jauh dan kondisi medan yang sulit bagi warga untuk berobat,” ujar dia.