Delapan Putra Perbatasan Belu Lolos Seleksi Tahap satu Tingkat Daerah Secaba PK TNI AD 2017

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dari jumlah 38 orang pemuda yang mengikuti pendaftaran seleksi sekolah calon Bintara (Secaba) Prajurit Karier (PK) tahun 2017 di Kodim 1605/Belu, delapan orang putra daerah dinyatakan lolos seleksi tahap satu tingkat daerah perbatasan berdasarkan hasil seleksi yang diumumkan, Senin (21/8/2017) di Makodim Belu.

Dandim 1605/Belu, Letkol Czi. Nurdihin Adi Nugroho yang dihubungi media membenarkan, kedelapannya lolos seleksi Secaba setelah mengikuti sidang parade penerimaan Calon Bintara PK TNI AD Tahun 2017 Pulau terluar /Perbatasan/Pedalaman Kodam IX/Udayana yang dipimpin Aspers Kodam IX/Udayana, Kolonel Inf. Mahanom Suparyono di aula Dharma Andika, Makodim, Sabtu (19/8/2017).

Menurut Nurdihin, sebagai calon generasi muda bangsa harus mampu dan berani keluar dari zona nyaman ke perubahan, karena perubahan butuh perjuangan untuk menjadi lebih baik.

“Khusus untuk yang pernah gagal agar di cek dan di konsultasikan lagi letak masalah kegagalan tersebut, khususnya kesehatan karna mayoritas gugur pada tahap seleksi kesehatan,” ujar dia.

Dijelaskan bahwa, seleksi calon Bintara perbatasan yang diselenggarakan di Kodim 1605/Belu kali ini merupakan untuk pertama kalinya diselenggarakan terpusat di Kodim perbatasan yang meliputi tiga Kabupaten yakni, Belu, Malaka dan TTU.

Baca juga : P2TP2A Perlu Ada Tangani Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Belu

“Diantara kalian ada yang tidak terpilih atau tidak lulus untuk melanjutkan seleksi di Kodam nanti, maka kalian haruslah menjadi elang-elang yang mampu untuk terbang tinggi dan tetap semangat apapun itu hasilnya karna dengan menerima setiap apapun hasilnya itu adalah merupakan awal untuk menuju kearah perubahan,” pinta dia.

“Wujudkan mimpi itu dengan tindakan-tindakan berupa doa karna dengan doa maka akan terwujud segala yang dicitakan untuk menjadi elang-elang yang terbang tinggi,” tambah Nurdihin.

Masih menurut Nurdihin, seleksi 38 calon Secaba tahap I tersebut dihadiri juga oleh Bupati Belu Willybrodus Lay, Wakil Bupati Malaka Daniel Asa, Dandim 1618/TTU, Danyonif RK 744/SYB, Kasdim 1605/Belu, Kasdim 1627/Rote Ndao, Dantim BAIS TNI Satgas Tirai.

Adapun ke delapan calon Secaba perbatasan uang lulus diantaranya, Alariku De Deus, Demetrius Tahu, Yosef Fernandes Ulu, Fransiskus Xaverius Fahik, Aloysius Loli, Ricky R.D.S Madeira, Ronaldo Deriu Abi dan Joao Do Carmo.

Untuk diketahui, seleksi Secaba PK TNI AD tahun 2017 yang dilakukan di Kodim 1605/Belu merupakan tahap I. Selesai seleksi kedelapan calon Secaba yang lulus akan melakukan cek di Ajen Rem Kupang dan selanjutnya pada tanggal 27 Agustus melakukan seleksi tahap II di Kodam, Denpasar-Bali.