Komisi IV Setuju Penambahan Sekolah Negeri

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Terkait rencana pemerintah Kota Kupang membangung sebuah SMP Negeri di Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Livingston Ratu Kadja mengatakan sangat setuju jika ada penambahan SMP negeri di Kota Kupang.

Pasalnya, saat ini hanya 20 sekolah sehingga tidak bisa menampung jumlah siswa yang mencapai 6.000-an siswa per tahun. Belum termasuk siswa dari luar kota.

“Silakan pemerintah usulkan untuk kita bahas bersama, kami prinsipnya setuju karena memang kebutuhan masyarakat kita sekarang,” kata Livingston kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Jumat (18/8/2017).

Menyusul perkembangan penduduk yang kian pesat, sejumlah sarana termasuk sekolah harus ditambah.
“Belajar dari polemik setiap Penerimaan siswa baru. Sudah saatnya pemkot perlu membangun sekolah tambahan, tidak hanya untuk SMP tapi SD. Apalagi pengelolaan SMA/SMK sudah diambil alih oleh pemerintah Provinsi, sehingga beban pemerintah Kota Kupang berkurang,” Katanya.

Baca juga : Ombudsman Harap Setiap Rekomendasi Dilaksanakan Kepala Daerah

Selain penambahan Sekolah, Livingstone juga mememinta pemerintah untuk menyiapkan tenaga guru secara baik, terutama yang berkualifikasi (S1), sehingga mutu pendidikan di Kota Kupang dapat ditingkatkan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Filmon Lulupoi mengaku, bahwa pihaknya telah mengusulkan penambahan satu SMP Negeri di Kota Kupang. Sesuai rencana SMP yang baru ini, akan dinamakan SMP Negeri 21 ini, berlokasi di Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo.

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Kupang sedang berusaha untuk menjawab persoalan pendidikan. Hal ini bertolak dari data tahun 2017, sehingga dipandang perlu menambah jumlah sekolah negeri.

Dijelaskan, untuk sementara, direncanakan akan dibangun di Kelurahan Oebufu, tepatnya di depan Masjid Al Muhajirin Oebufu, yang berbatasan dengan Kelurahan Maulafa. Hal ini agar dapat diakses siswa dari Kelurahan TDM, Maulafa, dan Oebufu.

“Hal ini akan dibahas pada Sidang III yang membahas APBD tahun 2018. Jika disetujui, maka akan dibangun SMPN 21, karena saat ini sudah terdapat 20 SMP negeri di Kota Kupang,” Kata Filmon.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*