Hashim Djojohadikusumo Menerima Penghargaan Satya Lencana Wirakarya

Bagikan Artikel ini

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Hashim Djojohadikusumo akan menerima penghargaan Satya Lencana Wirakarya atas sumbangsihnya untuk pelestarian lingkungan. Sesuai dengan Keppres, anugerah tersebut akan disematkan oleh Ibu Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar pada upacara 17 Agustus 2017 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Kepada NTTOnlinenow.com, Nicholay Aprilindo yang juga aktivis lingkungan menyatakan bahwa hashim layak menerima penghargaan satya lencana tersebut karena hashim banyak berbuat untuk pelestarian lingkungan, misalnya menyisihkan 10% lahan perkebunannya di Sumatera Barat untuk hutan konservasi diberi nama hutan konservasi prof.Sumitro Djojohadikusumo, dimana segala jenis tanaman hutan langka serta binatang langka dari berbagai spesies hidup secara aman di hutan itu.

Selain itu hutan tersebut menjadi laboratorium penelitian Fakultas Biologi Universitas Andalas Sumatera Barat, terdapat juga pusat rehabilitasi Harimau Sumatera yang hampir punah dan kemudian dilepas liarkan di hutan-hutan Sumatera Barat, demikian juga dengan Badak Sumatera, Tapir, Beruang, Si Amang, Rusa, dan binatang langka lainnya.

Hutan konservasi tersebut dipercaya di jaga dan diawasi oleh seorang putera asli Timor bernama Yacobus Bere bersama putra-putri Timor Belu lainnya, yang siap siaga 24 jam.

Hutan konservasi dan Pusat rehabilitasi harimau sumatera milik hashim seluas 2.400 ha diresmikan oleh ibu menteri Lingkungan Hidup.