KP 17 Bagikan Ratusan Bendera Merah Putih di Perbatasan RI-Timor Leste

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Menyemarakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017, tim Komunitas Perbatasan 17 membagikan ratusan bendera merah putih kepada warga di tapal batas wilayah Negara Indonesia dan Timor Leste.

Pembagian sebanyak 200 bendera merah putih berukuran 90×30 dan 20 helai umbul-umbul bertujuan untuk menumbuhkan serta meningkatkan semangat kebangsaan atau jiwa nasionalisme dan cinta tanah air warga di wilayah perbatasan kedua negara.

Ketua Tim Komunitas Perbatasan 17, Alex J kepada NTTOnlinenow.com, Jumat (11/8/2017) mengatakan, pembagian bendera kepada warga di dua wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72 pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Hari Kamis pagi tanggal 10 kemarin kita bagi 200 bendera merah putih untuk warga di Desa Manusasi, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten TTU, dan pekan lalu juga kita bagikan pada warga di perbatasan Belu,” ujar dia.

Dikatakan, fokus bagi bendera merah putih kepada warga Desa Manusasi karena Deara itu salah satu wilayah perbatasan Indonesia yang masih dalam sengketa dengan Timor Leste. Dimana warga kedua belah pihak mengklaim daerah tersebut masuk dalam wilayahnya.

“Kita bagikan di wilayah itu untuk menjaga serta meningkatkan jiwa Nasionalisme warga Desa Manusasi dalam rangka merayakan HUT RI ke-27 tahun ini. Juga untuk menanamkan jiwa Kebangsaan dan cinta Tanah Air kepada warga perbatasan dengan mengibarkan bendera merah putih di sepanjang garis perbatasan,” ucap Alex.

Baca juga : TNI-Polri Swiping Merah Putih, Temukan Bendera Robek Diganti

Diharapkan, lewat pembagian bendera untuk warga di pelosok tanah air tumbuh semangat persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat desa setempat, sehingga akan timbul kesadaran untuk ikut serta berperan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Dengan bantuan bendera ini warga yang tidak mampu membeli bendera bisa ikut berpartisipasi dengan mamasangnya di rumah masing-masing sebagai wujud kebanggaan sebagai warga Indonesia dalam memeriahkan HUT RI. Meskipun berada di pelosok perbatasan tetapi Bendera Merah Putih berkibar dengan gagah di bumi pertiwi yang kita cintai,” pinta dia.

Lanjut dia, Kepala Desa Manusasi Yakobus Feka bersama masyarakat di daerah pelosok sangat bangga dan terharu dengan bantuan bendera tersebut, dan mereka menyampaikan terimakasih atas kepedulian membagikan bendera merah putih kepada warga yang ekonominya masih tergolong lemah.

“Warga sangat antusias menyambut HUT RI. Warga berharap semoga dalam waktu tidak lama lagi permasalahan tapal batas di wilayah Desa Manusasi dengan Timor Leste segera diselesaikan oleh Pemerintah RI,” pungkas Alex.

Kegiatan bertajuk dengan semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia mari Kita Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dan Cinta Tanah Air “ Warga Perbatasan Siap Menjaga Kedaultan NKRI “. Turut terlibat dalam kegiatan bagi bendera itu Danpos Manusasi, Lettu Inf. Lutfi Zulthoni, Kepala Desa Manusasi serta empat orang ketua adat Desa Manusasi.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*