TNI-Polri Swiping Merah Putih, Temukan Bendera Robek Diganti

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – TNI-Polri yakni Kodim 1605/Belu, Letkol Czi. Nurdihin Adi Nugroho, Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/WT, Letkol Inf. Elvino Yudha Kurniawan serta Danyon Raidersus 712/SYB, Letkol Inf. Samsul Huda bersama Perwira dan anggota TNI-Polri melakukan patroli kemerdekaan.

Disaksikan NTTOnlinenow.com, Kamis (10/8/2017) pukul 16.30 WITA patroli kemerdekaan gerakan kerja bersama TNI-Polri cinta merah putih di tapal batas RI-RDTL menyambut HUT proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 pada 17 Agustus mendatang menyisir beberapa titik dalam kota.

Kekompakan nampak pada empat pimpinan instansi keamanan itu, menggunakan satu kendaraan bersama kendaraan lain patroli kemerdekaan dimulai usai pembagian bendera merah putih bagi warga pelintas jalan. Patroli dimulai dari simpang lima melewati pertokoan pasar lama, masuk pasar baru menuju dua jalur Rumkitban belok kiri dua jalur Eltari menuju Kantor Bupati Belu.

Di jalur Eltari itu dipasang bendera merah putih oleh Dandim Belu didampingi Kapolres Belu, Danyon 744/SYB dan Dansatgas Yonif 712/WT memasang bendera di gedung serbaguna. Saat melintas kompleks Kantor Bupati di halaman Kantor Satpol PP Belu tidak terpasang bendera merah putih, dan langsung dipasang bendera.

Kondisi serupa ditemukan dalam patroli, dimana bendera merah putih yang terpasang di halaman Kantor BKKBN mengalami robek dan langsung digantikan oleh Dandim Belu didampingi Kapolres, Danyon 744 serta Dansatgas Yonif 712.

Selain itu juga di Kantor BPOM Belu di dua jalur Wekatimun, bendera merah putih yang terpasang terpaksa diturunkan dan digantikan dengan bendera baru lantaran kondisi bendera tersebut mengalami robek.

Baca juga : Semarakkan HUT RI ke-72, TNI-Polri di Batas Belu-Timor Leste Bagi 1.800 Bendera Merah Putih

“Selain tadi sudah bagikan bendera, ada juga bendera yang kita pasang bagi untuk masyarakat yang mungkin belum punya waktu kita bantu pasangkan bendera. Seperti tadi di rumah warga dan beberapa kantor Instansi Pemerintah yang benderanya robek kita ganti,” ujar Dansatgas Yonif Raider 712/WT, Letkol Inf. ElvinoYudha Kurniawan usai patroli kepada awak media.

Selaku koordinator kegiatan, Elvinoni menuturkan, agenda ini salah satu kegiatan gerakan kerja bersama cinta merah putih menyambut kemerdekaan RI yang ke-72 tahun 2017.

“Kegiatan pembagian bendera dan pasang bendera ini juga untuk menggugah masyarakat sadar akan cinta tanah air dan cinta merah putih di Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste,” jelas dia.

Tambah Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan, kegiatan ini kita menanamkan rasa kebangsaan dan turut serta merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Dan disela-sela itu juga kita secara tidak langsung menghimbau para pengendara untuk mematuhi ketentuan berlalulintas dan melengkapi kendaraan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Ini gabungan TNI dan Polri, jumlah bendera yang dibagikan tadi e di kendaraan sebanyak 1.500 bendera mini, dan bendera kain ada sekitar 300,” tutur dia.

Yandri menghimbau, agar seluruh masyarakat perbatasan Belu mengibarkan bendera merah putih memperingati hari kemerdekaan Negara Indonesia. Siapa lagi yang membanggakan bendera merah putih kalau bukan pribadi kita sendiri. Juga menanamkan rasa cinta tanah air NKRI kalau bukan kita siapa lagi. “Apalagi di tapal batas kita harus menunjukan ke negara tetangga NKRI harga mati dan warga di perbatasan Belu rasa kebangsaannya sangat tinggi,” pungkas dia.