Tiba di Kupang, Jenazah Bernabas nDjurumana Disambut Ribuan Orang

Lapporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Jenasah Almarhum Mantan Sekda Kabupaten Kupang, Bernabas nDjurumana disambut ribuan orang yang memadati Bandara Elatari Kupang. Tiba di Kupang pada pukul 12.50 Wita dengan menggunakan Pesawat Garuda dengan Nomor Penerbangan GA 438 jakarta-Kupang, Jenasah disambut oleh Ratusan Kenshi dengan seragam Kempo. Kedatangan jenazah Almarhum Bernabas nDjurumana, diantar 6 Pengurus Perkemi Pusat, yang didampingi Ketua Perkemi NTT, Ir.Esthon Foenay.

Hadir dalam pemyambutan tersebut, Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni, Walikota Terpilih, sekaligus Ketua DPD Demokrat NTT, Jefri Riwu Kore, Ketua IPSI NTT, Andrew Koreh, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno, Sekda Kabupaten Kupang, Hendrik Paud, bersama sejumlah Pimpinan SKPD, dan sejumlah Pegurus KONI NTT.

Sebelum diberangkatkan kerumah Jenazah di Kelurahan Nefonaek, keluarga bersama Keluarga Perkemi NTT, membongkar kargo Peti Jenasah diruang VIP Bandara Eltari Kupang. Usai pembongkaran tersebut, peti Jenasah diusung oleh sejumlah Kenshi menaiki mobil Jenasah yang telah disiapkan. Jenasah kemudian diantar dengan iring-iringan ratusan kendaraan bermotor menuju kediaman dari mendiang Bernabas nDjurumana.

Tiba di rumah duka, jenasah disambut oleh isak tangis dari keluarga dan kenalan. Sebelum jenasah disemayamkan kedalam rumah duka, ada upacara adat Sumba dengan menyembelih seekar Babi tepat didepan rumah duka, dan pihak Perkemi Pusat dan NTT kemudian menyerahkan Jenasah Kepada Keluarga.

Usai penyerahan Jenasah, Ketua Perkemi NTT, Ir.Esthon Foenay yang didaulat membawakan sambutan singkatnya mengaku, Kepergian dari Simpai Bernabas nDjurumana, merupakan peristiwa yang menyedihkan bagi dunia Kempo khususnya NTT dan Indonesia.

Baca juga : Bapak Perintis Kempo NTT Barnabas Ndjoerumana Meninggal Dunia

Ia mengaku, Dengan Kepergian Bernabas nDjurumana, Dunia Kempo NTT Kita telah kehilangan seorang figur panutan dalam dunia Kempo. Sebagai perintis cabang olahraga Kempo di NTT, Bernabas nDjurumana punya andil besar untuk prestasi Kempo di NTT.

Hal itu bisa dilihat dari berbagai prestasi, baik itu ditingkat Nasional, Asean, Asia, dan terakhir NTT berhasil meraih Tiga Medali Emas dan perak, pada Kejuaaran Dunia Kempo di Amerika Serikat. Prestasi membawa indonesia berada pada urutan dua setelah Jepang, atlit yang dikirim pada kejuaraan dunia, didominasi atlet asal NTT.

Sebagai Ketua Perkemi, Esthon mengaku, dengan menempatkan Indonesia sebagai urutan dua pada Kejuaraan dunia Kempo di Amerika dengan perolehan 3 medali emas dan 1 medali perak, yang direbut oleh atlit asal NTT, merupakan karya emas dari Simpai Bernabas nDjurumana, karena beliau yang meletakan fondasi dasar Kempo di NTT. Selain itu beliau juga bertangan dingin dalam menempa atlit NTT dengan tingkat disiplin yang sangat tinggi, dan mampu berprestasi

“Terus terang dengan Kepergian beliau membuat dunia Kempo Khususnya Nasional dan NTT, merasa sangat kehilangan, karena berkat beliaulah Kempo menjadi Besar di NTT. Selamat jalan simpai Nabas. Kau boleh pergi meninggalkan kami. Tapi nama dan karyamu sebagai abdi negara abdi masyarakat dan juga sebagai seorang pelatih olah raga yang berkarakter tetap abadi di hati sanubari kami. Kau telah damai bersama Bapa di surga Amin,” ujar Esthon.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*