Kesbangpol Lakukan Penguatan Kapasitas Kelembagaan FPK dan FKUB

Laporan Muhammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumba Timur buka kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dilaksanakan Kamis (10/8/2017) bertempat lantai dua Aula Kantor Bupati Sumba Timur, dihadiri Kepala Kesbangpol Provinsi NTT, Dra. Sisilia Sona bersama Rm. Dr.Oktovianus Naif, Pr (Nara sumber) dari Kupang Provinsi NTT, FORKOPIMDA, Camat, pengurus FPK dan FKUB dan para Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda di Kabupaten Sumba Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Sumba Timur merupakan tantangan dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa untuk terus menjaga dan memelihara beragam etnis yakni suku, ras, dan kerukunan antar umat beragama, toleransi dan kebersamaan sebagai tanggung jawab pemerintah, pemuka agama, umat beragama maupun Tokoh masyarakat itu sendiri.

Sambutan Bupati Sumba Timur yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Drs. Isak Raga Koda, M.Si, mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan kita semua karna bangsa ini memiliki kekayaan besar jika dibanding negara-negara lain yakni keberagaman atau kebhinekaan baik keberagaman suku, agama, ras bahasa maupun golongan.

Baca juga : Petani Desa Kadahang Minta Bantuan Bibit Bawang

“Jadi keberagaman ini harus didayagunakan agar dapat menjadi energi positif bagi keberlangsungan bangsa dan negara, upaya ini untuk pembauran kebangsaan agar terjadi proses pembudayaan bangsa melalui pola-pola positif dengan sikap mawas diri, tenggang rasa, kerukunan serta memiliki rasa tanggung jawab,” kata Isak.

Menurut Isak, untuk mengantisipasi berbagai potensi konflik horisontal maupun vertikal agar terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa maka diperlukan upaya-upaya peningkatan suasana kerukunan antar umat beragama disetiap daerah.

“Atas dasar pemikiran itulah maka pemerintah Kabupaten melalui Badan Kesbangpol dalam program kerjanya melaksanakan kegiatan ini sebagai kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan FPK dan FKUB ditingkat Kabupaten Sumba Timur,”jelasnya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*