Wabup Ose Ingatkan Sekdes Yang Tak Dukung Kades Akan Dicopot

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam melaksanakan atau menjalankan tugas pelayanan di tingkat Pemerintah Desa, seluruh perangkat Desa termasuk Sekretaris Desa harus mendukung program Kepala Desa, sehingga dapat berjalan lancar.

“Harus saling kerja sama dan sinergitas. Sekdes dukung Kepala Desa, jangan bawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan, yang tidak bercocok itu berhenti sudah,” ucap Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan saat memberikan pengarahan bagi 69 Kades dan Sekdes di aula lantai I Kantor Bupati, Selasa (8/8/2017).

Dikatakan, pengarahan hari ini penting untuk kinerja setiap Desa, karena dilihat selama ini ada hubungan Sekdes dan Kades yang tidak akur. Harus bekerjasama, bahu membahu membangun Desa demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya tidak mau dengar lagi ada gontok-gontokan antara Kepala Desa dan Sekdes. Saya tidak mau dengar ada Sekdes yang tidak dukung Desa, kalau tidak saya akan copot,” tegas Ose.

Baca juga : Empat Parpol di NTT Diminta Tidak Reaktif

Jabatan Kepala Desa dan Sekretaris Desa itu, jelas dia merupakan kepercayaan yang diberikan dalam mengembang tugas pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu jaga kepercayaan yang diberikan, Sekdes harus dukung kinerja Kades demikian sebaliknya.

“Harus cocok dalam melaksanakan tugas Pemerintah, menata administrasi dan membina masyarakat. Kades juga tidak boleh bisik dengan Sekdes atur keuangan sendiri dan itu tidak cocok,” ujar dia.

Kesempatan itu, Wabup juga meminta ke para Kepala Desa terkait ADD yang sudah laksanakan proyek dan yang sementara berjalan agar dikawal dan dijaga baik-baik, jangan memanjakan pemborong.

“Jangan bangun habis langsung hancur, itu tidak boleh terjadi,” ingat Ose.

Mantan Sekda Belu itu tegaskan, kalian aparatur Desa menjadi panutan di Desa sendiri untuk masyarakat. Khusus Kades yang masih muda, kalian bukan play boy di Desa timbulkan masalah tapi jadi contoh yang baik. “Jadilah aparatur yang baik, disiplin, tertib, jujur, rendah hati dan sederhana,” harap Ose.