Pembukaan Copa NTT Diwarnai Atraksi Budaya Diaspora NTT

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Komjen Pol (pur) Gories Mere secara resmi membuka Copa NTT turnamen sepak bola dispora NTT di Jakarta. Pembukaan diawali dengan parade masing-masing kesebelasan dengan ataraksi budayanya. Tarian Ja’i yang mengiringi kontingen Ngada dan Tarian Foti yang dari kontingen Kupang dan Amarasi menjadi tonotonan yang sangat menghibur. Artis Azizah yang terkenal melalui ajang pencari bakat Dangdut Academi Indosiar tampil menghibur ribuan penonton yang memadati GOR Ciracas, Jakarta Timur. Penonton dibuat bergoyang dengan lagu-lagu daerah Maumere dan NTT.

Hadir pada pembukaan Copa NTT, Wakil dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Ketua Komisi V DPR RI Ir. Fary Djemi Francis yang juga Pengurus PSSI, Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, Asisten Propinsi NTT Drs.Mikhael Fernandez, Bertho Lalo Kepala Kantor Penghung NTT di Jakarta, Dan Wings 1 Paskhas TNI AU Kol.Pas Roy R.FM.Bait, Kol Adm. Nelson Noach, sejumlah mantan pemain NTT yang telah berkiprah di nasional dan tokoh dispora NTT di Jakarta.

Malaka vs Sumba Barat Daya
Sebelum pembukaan dilangsungkan pertandingan partai perdana antara Persemaja Malaka vs Ikalsabda Sumba Barat Daya. Pertandingan berlangsung dalam tempo sedang. Bermain dengan long passing dengan mengandalkan kecepatan penyerangnya Ikalsabda unggul 2-0 di babak pertama.

Babak kedua serangan silih berganti, berkat keunggulan skill individu, Persemaja dapat menyamakan keduduk menjadi 2-2. Kedua Tim berbagi angka pada laga perdana di Grup A.

Lembata vs Manggarai
Usai parade budaya dan upacara pembukaan, dilakukan pertandingan ke dua masih di Grup A. Komjen Pol (pur) Gories Mere sesepuh NTT dan juga Staff Khusus Presiden RI melakukan tendangn bola pertama sebagai tanda dimulainya Copa NTT 2017.

Baca juga : Kick Off Copa NTT, Minggu 6 Agustus 2017 di Gor Ciracas Jakarta Timur

Lembata FC langsung menekan dengan permainan collective football, short passing dari kaki ke kaki, sedangkan Manggarai mencounter dengan serangan balik mengandalkan kecepatan dua ujung tombaknya. Tercatat dua peluang emas dibabak pertama yang diperoleh kedua kesebelasan, namun gagal menghasilkan gol.

Setelah turun minum ke dua kesebelasan melakukan perubahan taktik dengan memasukan pemain penggati. Kejelian pelatih Lembata FC Frans Watu dalam membaca permainan lawan akhirnya berhasil membuka kebuntuan dengan gol yang diciptakan gelandang serang Johanis Payong Dongot di menit ke 38. Pertandingan dimenangkan Lembata FC 1-0. Dengan demikian di Grup A Lembata FC memimpin dengan nilai 3 dan posisi ke dua ditempati Persimaja Malaka dan Ikalsabda Sumba Barat Daya, sedangkan Persim Manggarai menempati juru kunci.

Bertho Lalo, Kepala Kantor Penghubung NTT mengapresiasi kerja panitia Copa NTT, karena dengan even ini dapat menyatukan diaspora NTT di Jakarta tanpa ada sekat-sekat kepentingan apapun. Pertandingan Lembata vs Manggarai sangat menghibur, Lembata bermain dengan teknik individu yang matang dan ditopang kerjasama tim yang solid. Saya memprediksi tim Lembata FC akan melangkah dengan mulus dari babak pengisian, dan bisa jadi salah satu calon juara Copa NTT 2017, sambung putra Riung yang sangat fanatik dengan sepak bola.

Sedangkan Marsel Muja ketua FKM Flobamora Jakarta, mengharapkan final Copa Florete I beberapa tahun silam akan terulang antara Lembata vs Ngada. Namun Marsel menambahkan Lembata sangat bagus di lini tengah. Manggarai bermain tanpa skil, sehingga kita lihat berkali-kali mereka terperangkap dalam jebakan off side, komentar Marsel Muja dengan mimik yang serius.

Klasemen Copa NTT 2017 :

Grup A :
1. Lembata FC : 1-1-0-0-3
2. Ikalsabda Sumba Barat Daya : 1-0-1-0-1
3. Persemal Malaka : 1-0-1-0-1
4. Persim Manggarai : 1-0-1-0-1

Grup B:
1. PSN Ngada A
2. Persami Maumere
3. Persamba Manggarai Barat

Grup C :
1. Persab Belu
2. Perse Ende
3. Sikka FC
4. Amarasi

Grup D :
1. PSK Kupang
2. PS Sabu Raijua
3. PSKK Kota Kupang

Grup E :
1. Persena Nagekeo
2. IKBS Sumba
3. PSN Ngada B

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*