Belum Penuhi Biaya Pendaftaran Rp 25 Juta, Hanura Tolak Bacagub Hironimus Fernandes

Bagikan Artikel ini

Laporan nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Partai Hanura menolak menerima administrasi Pendaftaran dari Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Dr Hironimus Fernandes. Penolakan administrasi pendaftaran Bacagub, Hironimus Fernandes, karena yang bersangkutan tidak melangkapi berkas pendaftaran sekaligus tidak melengkapi mahar pendaftaran sebesar Rp.25 Juta.

Demikian dikatakan, Tim Pemenangan bacagub Hironimus Fernandes, Marianus Kleden Kepada wartawan di halaman Sekertariat DPD Hanura NTT.

Menurut Marianus, pihaknya dukup kecewa dengan penolakan pendaftaran dari partai Hanura, karena sejak mengambil formulir pendaftaran tidak pernah disebutkan soal mahar. Apalagi ketika mengambil formulir pendaftaran pihaknya hanya diberikan formulir hanya dalam bentuk hard copy, sementara soft copy ditolak pihak hanura.

“Nilai uang pendaftaran tidak menjadi masalah bagi kami, tapi kami tidak diberitahu lebih awal. Malam ini kami hanya membawa uang cuma sebesar Rp.5 juta beserta semua administrasi sesuai yang disyaratkan, tapi kami tetap ditolak karena tidak membawa uang pendaftaran tidak sesuai dengan nominal yang ditetapkan, sehingga kami diminta untuk melengkapi nominal tersebut baru datang mendaftar,” Katanya.

Ketika disinggung apakah tim akan meminta kepada Bacagub Dr.Hironimus Fernandes, untuk melengkapi biaya administrasi baru datang mendaftar seperti yang diminta Hanura, Kleden mengaku belum bisa menjamin itu, karena dirinya akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan yang bersangkutan mengenai perihal tersebut. Setuju atau tidak setuju kami mendaftar lagi di Hanura tergantung dari Bacagub tersebut.

Sementera itu, Sekertaris Tim Pilkada Partai Hanura NTT, James Liko, kepada wartawan mengaku, bahwa pihak sebenarnya tidak menolak pendaftaran yang dilakukan oleh Bacagub Dr. Hironimus Fernandes. Pihaknya hanya meminta kepada Bacagub tersebut melengkapi administrasi yang kurang, karena saat mendaftar, tim tidak membawa semua persyaratan administrasi seperti yang ditetapkan oleh Partai Hanura.

“Jadi bukan hanya masalah uang pendaftaran saja. Pak Hironismus juga menyertai surat kelakuan baik dari pihak kepolisian, sehingga pada saat mendaftar kami meminta dia untuk melengkapi berkas pendaftaran, karena sesuai perintah DPP, masa pendaftaran kami perpanjang hingga 18 Agustus mendatang.” Katanya,

Ketika disinggung soal kebenaran biaya administrasi sebesar Rp.25 juta, James Liko membenarkan jumlah tersebut, namun menurut dia, biaya tersebut akan digunakan secara keselurahan untuk setiap proses yang berada di Partai Hanura, hingga penetapan nantinya.