Umat Paroki Atapupu Gelar Prosesi Inafeto Lalean

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Ratusan umat Katolik di paroki Santa Stella Maris Atapupu, Kabupaten Belu menggelar pembukaan prosesi Inafeto Lalean (Bunda Surgawi) atau patung Triharta Iman tahun kelima.

Ketua Panitia Pelaksana Marianus Genara, Selasa (25/7/2017) mengatakan, prosesi Inafeto Lalean yang dilakukan umat Katolik di Atapupu tahun ini untuk menyambut hari ulang tahun Paroki Stella Maris Atapupu yang ke 134 pada tanggal 1 Agustus mendatang.

Dijelaskan, selain itu prosesi wisata religius tahunan umat Katolik di pantai utara Atapupu, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan antara Negara Indonesia dan Timor Leste guna mengenang misi gereja atas penyebaran agama Katolik pertama di pulau Timor.

“Prosesi Inafeto Lalean di darat dan laut tahun ini dimulai hari ini. Patung diarak umat dari paroki menuju ke setiap stasi dan disimpan di Kapela. Nanti sampai puncak prosesi akan melewati laut Atapupu,” ujar dia.

Baca juga : Urus Keangotaan Veteran, Relawan PMI Timor-Timur Datangi Kodim 1605/Belu

Dituturkan, sesuai jadwal prosesi tersebut dilakukan selama seminggu mulai tanggal 25 hingga 31 Juli. Hari pertama prosesi patung triharta iman dimulai dari Stasi Silawan kemudian besok bergeser ke Stasi Seroja Mota’ain. Selanjutnya hari ketiga di Stasi Kenebibi, hari keempat di Stasi Ainiba kemudian hari kelima di Stasi Lakafehan dan puncak hari keenam di pelabuhan Gurita.

“Hari ketujuh itu umat akan menyalakan seribu lilin, setelah itu sekitar pukul tiga sore prosesi Inafeto Lalean melewati laut dari gurita kembali ke TPI dan diarahkan ke gereja,” urai Genara.

Lanjut Genara, usai prosesi patung triharta iman melalui pantai pada hari terkahir, patung tersebut akan disimpan kembali di dalam gereja Atapupu. Selanjutnya umat paroki akan melakukan kegiatan berdoa bersama di hadapan patung suci itu secara bergilir.

“Pada besoknya tanggal 1 Agustus dilaksanakan perayaan misa memperingati hari ulang tahun paroki Santa Stella Maris Atapupu yang ke 134,” terang dia.