Urus Keangotaan Veteran, Relawan PMI Timor-Timur Datangi Kodim 1605/Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Belasan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Belu yang melaksanakan tugas kemanusiaan tahun 1975 di Timor-Timur sekarang Negara Timor Leste mendatangi Kodim 1605/Belu, Senin (24/7/2017).

Tim relawan PMI yang diketuai Suster Maria Goreti, SSpS membawa serta kelengkapan dokumen seperti surat tugas, piagam penghargaan dan foto-foto semasa bertugas. Selanjutnya berkas diperlihatkan ke Pasi Pers Kodim 1605/Belu, Kapten Inf. Alimuddin didampingi Pasi Intel Pasi Lettu Inf. Jemry Everson Mamengko yang menerima kedatangan tim.

Suster Maria Goreti, SSpS (83) kepada media menuturkan, kedatangan hari ini kami mau mengurus veteran lewat Palang Merah Indonesia, karena pada tahun 1975 demi kemanusiaan kami ada 30 relawan yang membantu PMI cabang Belu.

“Kegiatan kami selain bantu pengungsi dengan bahan makanan, obat-obatan, pakaian, bahan tidur dan alat dapur tapi kami juga bantu angkat jenasah tentara atau hansip yang meninggal di beberapa wilayah Timor-Timur,” ujar dia.

Dikisahkan, jumlah relawan PMI ada sebanyak 30 orang tapi yang beroperasi hanya 22 orang, dan tidak ada yang meninggal saat melaksanakan tugas. Saat beroperasi timnya didampingi satu dokter TNI, RPKAD dan Intel yang berpakaian palang merah.

Baca juga : PLN Belum Menerima BP 90 KK Penghuni Risha di Desa Silawan

Akui dia, sebelumnya pada tahun 2015 lalu ada seorang oknum DPR yang membantu mengurus, tapi dia tidak berikan arsip kepada dirinya, karena dia (oknum DPR) tamba-tamba orang yang tidak jelas. Dia mengambil bukti penghargaan saya untuk urus, tapi tidak ada hasil.

Hal itu membuat anggota menarik diri dan tidak ada hasil. Mereka katakan kalau suster tidak ikut sebagai ketua pelaksana kemanusiaan mereka tidak mau urus veteran lewat PMI. Kedatangan tim relawan ke Kodim hari ini yang kedua kalinya, sebelumnya telah datang minggu lalu.

“Teman palang merah saya di Jakarta berikan informasi harus lewat Kodim setempat untuk urus veteran. Jadi saya sebagai ketua pelaksana relawan PMI bersama anggota hari ini datang urus bersama karena kami kerja tim, dan saya tidak ingin urus sendiri,” ujar dia.

Terpisah Dandim 1605/Belu, Nurdihin Adi Nugroho menyampaikan, kedatangan mereka tim relawan PMI cabang Belu tadi di derima Pasipers Kodim. Pihak Kodim melalui Pasipers mengkoordinasikan pengurusan administrasi tersebut ke Minvet Korem.

“Nanti halasil koordinasi langsung disampaikan ke relawan untuk menyiapkan seluruh berkas yang dipersyaratkan oleh Minvet Korem. Jadi Kodim membantu rekan-rekan calon veteran dalam melengkapi administrasi dan itu semua gratis tidak dipungut biaya,” ujar Nurdihin.