Kodim Belu Hadirkan Rumah Baca Pintar di Batas Kobalima-Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu bekerja sama dengan Guru SM3T yang bertugas di wilayah Kobalima menghadirkan Rumah Membaca Malaka pintar bagi warga masyarakat di wilayah yang berbatasan langsung dengan distric Kovalima-Timor Leste.

Kehadiran rumah membaca Malaka pintar tersebut sebagai bentuk dukungan bagi pendidikan, mendorong dan meningkatkan minat baca warga masyarakat di Kobalima wilayah Malaka, Timor Barat perbatasan Indonesia dengan Negara Timor Leste itu.

Dandim 1605/Belu, Letkol Czi.Nurdihin Adi Nugroho yang dihubungi media menyampaikan bahwa, rumah membaca Malaka pintar yang diresmikan kemarin, merupakan kerja sama Koramil Kobalima dengan Guru SM3T guna menarik dan meningkat minat baca warga di perbatasan Kobalima.

“Apresiasi untuk ide dan kreativitas yang sangat positif untuk anggota TNI Koramil 05 Kobalima dan Guru SM3T yang telah membangun rumah membaca Malaka pintar di Kobalima,” ujar dia, Jumat (21/7/2017).

Dikatakan, dengan adanya rumah membaca Malaka pintar dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pelajar generasi bangsa masa depan. Masyarakat dan pelajar bisa lebih mudah menemukan bahan bacaan atau buku-buku yang disediakan di perpustakaan mini mengingat Kabupaten Malaka belum memiliki perpustakaan umum milik sendiri.

Baca juga : Tingkatkan Sinergitas, Polisi, TNI, Pemkab Belu dan Wartawan Latihan Tembak Bersama

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malaka, khususnya di wilayah Kecamatan Kobalima agar dapat memanfaatkan sarana dan prasarana membaca yang telah disediakan untuk meningkatkan minat belajar siswa sejak dini,” harap Nurdihin.

Peresmian rumah membaca Malaka pintar dilakukan pada Kamis kemarin oleh Asisten I Setda Malaka. Pemerintah Malaka menyampaikan berterimah kasih atas kepedulian Kodim 1605/Belu melalui Koramil 05/Kobalima bekerjasama dengan SM3T yang telah membantu Pemkab Malaka dalam dunia pendidikan melalui pembangunan rumah baca pintar di Kobalima.

Keberadaan rumah membaca Malaka pintar sangat bermanfaat bagi para generasi muda Indonesia di tapal batas Malaka untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan bagi anak didik. Pemkab akan memberikan perhatian dan mendukung penuh fasilitas yang telah ada guna mendorong serta meningkatkan minat baca anak didik.

Dalam peresmian itu juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti, peragaan musik angklung oleh pelajar SDN Metamauk, membaca puisi, membaca dongeng oleh para pelajar serta membagi-bagikan hadiah kepada pelajar yang juara lomba serta pembagian doorprize.