BKAD Segera Lakukan Operasi Label Miras

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menyusul banyak pengecer dan distributor nakal yang menjual minuman keras (Liras) beralkohol Golongan A, tanpa label pajak, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kupang akan melakukan operasi label minuman. Operasi label minuman akan dilakukan di Pengecer dan distributor minuman golongan A di Kota Kupang.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Jefri Pelt kepada wartawan di kantornya, Kamis (20/7/2017) mengatakan, rencana operasi penjualan miras tanpa label sebenarnya dijadwalkan pada awal Juni lalu, namun operasi tersebut dibatalkan karena bertepatan dengan Bulan Puasa, sehingga jadwal diubah sampai sampai Juli ini.

“Mungkin akhir Juli kami mulai melakukan operasi, dan jadwal operasi akan berakhir sebelum 17 Agustus,” Kata Pelt.

Menurutnya, alasan operasi dilakukan karena banyak beredar minuman golongan A tanpa label. Hal ini disebabkan banyak distributor nakal yang mengedarkan minuman tanpa label untuk mencari keuntungan lebih.

Baca juga : Pekan PBB Perolehan PAD Empat Miliar

“Setiap minuman beralkohol yang dijual, harganya sudah termasuk pajak. Sehingga ketika dijual tanpa label maka distributor mengambil keuntungan lebih. Atas dasar itu makanya kami akan melakukan operasi. Saya juga mau menghimbau kepada masyarakat agar jangan mau membeli miras tanpa label. Karena harga jual sudah termasuk pajak,” katanya.

Ketika disinggung pengakuan dari pemilik Toko Nam, selaku distributor tunggal miras golongan A, kepada Pansus LKPJ Walikota beberapa waktu lalu, yang menyebut pihak Toko Nam selalu kesulitan membeli label pajak pada hari sabtu dan minggu, Jefri mengaku bahwa pengakuan dari distributor tersebut hanya akal-akalan saja, seharusnya kalau mereka mau membeli label, sudah mereka perhitungkan dengan jumlah stock minuman yang mereka pesan. Jadi ketika stock label milik mereka tidak pernah habis.

“Tetapi kalau mereka pesan 1000 botol lalu beli labelnya cuma 100, maka pasti kurang, saya kira alasan seperti itu cuma-akal-akalan, kantor kami juga melayani pembelian label setiap hari termasuk hari sabtu dan minggu,” katanya.