Sudah 324 Pasien Mendapat Pengobatan Gratis Berbasis e-KTP

Bagikan Artikel ini

Laporan nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S.K.Lerik, Dr Marsiana Halek mengatakan, sejak diluncurkan pengobatan gratis berbasis Kartu Tanda Penduduk Elekronik (e-KTP) 1 Mei 2017 lalu, jumlah warga yang memanfaatkan pengobatan gratis sudah sebanyak 324.

“Jumlah tersebut merupakan akumulasi pasien yang berobat menggunakan e-KTP dari bulan Mei dan Juni tahun 2017. Sementara untuk bulan Juli, belum direkap jumlah pasien yang berobat,” kata Halek kepada wartawan di ruangkerjanya, Rabu (12/7/2017).

Halek mengatakan, untuk bulan Mei jumlah pasien yang datang berobat menggunakan e-KTP berjumlah 142, sementara untuk bulan Juni, ada sebanyak 182 pasien, sehingga totalnya 324.

Baca juga : Politani Undana bagi Ilmu Pemanfaatan Feces Kepada Peternak di Kabupaten Kupang

Menurutnya, jumlah pasien yang datang berobat di RSUD S.K. Lerik belum terlalu banyak, karena masih banyak yang belum mengetahui layanan tersebut, sehingga butuh sosialisasi lagi.

Selain itu, ada beberapa puskesmas yang punya rawat inap juga menerima pasien yang menjalani pengobatan menggunakan e-KTP. Selain itu, pemerintah Kota juga bekerja sama dengan pihak RSU, W.Z Johanis untuk melayani pasien berbasis e-KTP.

Halek mengaku, untuk melayani pasien yang datang berobat secara gratis menggunakan KTP. Pihaknya sudah siap, karena SDM, mulai dari dokter hingga perawat sudah memadai, yang agak berpengarush jika pasien membludak adalah jumlah kamar untuk menjalani perawatan rawat inap, saat ini RSUD SK.Lerik sementara pengembangan dan sangat diharapkan pengembangan bangunan untuk peningkatan kapasita rampung pada akhir tahun 2017.