Naimata Bakal Dilayani Angkutan Umum Ber-AC

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sebanyak lima angkutan umum berupa mini bus ber-ac akan disiapkan melayani trayek Naimata, dan Penfui. Namun untuk pengoperasiannya masih menunggu kajian dari pemerintah provinsi NTT, karena menyangkut penetapan tarif angkutan umum merupakan kewenangan dari Gubernur NTT.

“Sebanyak lima mobil mini bus ber-ac sudah disiapkan PT Damri untuk melayani Rute Naimata dan Penfui, namun mobil-mobil tersebut belum bisa beroperasi karena masih menunggu penetapan tarif melalui peraturan gubernur (Pergub). Saat ini kami sudah bersurat kepada pemerintah provinsi untuk melakukan kajian soal penetapan tarif yang tepat soal angkutan ber-ac,” Kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Yogerens Leka kepada wartawan di Kupang.

Leka mengaku, kalau pemerintah Provinsi rampung melakukan kajian dan menetapkan pergub penetapan tarif, maka angkutan-angkutan tersebut sudah bisa dioperasikan, dari lima unit mobil yang disediakan akan melayani dua rute trayek.

Baca juga : Tagu Dedo Figur Teknokrat yang Bisa Bawa NTT Menuju Perubahan

Untuk trayek pertama, kata Leka, akan melalalui terminal Kupang, Jalan Tompelo, Lalamentik, kemudian Jalan Frans Seda, Jalan Piet A. Tallo dan Jalan Bumi, Naimata PP. Sementara untuk trayek yang kedua, Kata Leka, akan diawali dari Terminal Kupang, Jalan Timor Raya, Jalan Adisucipto, Bimoku dan kembali melalui Jalan Timor Raya.

Leka, meski masih menunggu penetapan tarif angkutan lewat Pergub, namun dapat dipastikan bahwa tarif angkutan umum yang melayani kedua taryek tersebut akan lebih mahal mengingat fasilitas AC yang ada pada angkutan tersebut, namun tarif yang ditetapkan dipastikan akan disesuaikan dengan kemampuan.

“Memang agak sedikit mahal, tapi tidak berbeda jauh dengan tarif angkutan umum saat ini. Mungkin hanya selisih sedikit mengingat fasilitas pendukungnya saja,” Kata Leka.