Bulog NTT Minta Dinsos Mengecek Langsung Kualitas Rastra Sebelum Disalurkan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk memastikan tidak terjadi lagi pendistribusian beras sejahtera (Rastra) berkualitas buruk kepada para warga penerima di Kota Kupang, pihak Bulog NTT meminta Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kupang lakukan pengecekan secara langsung akan kualitas beras di gudang Bulog, sebelum beras tersebut didistribusi untuk tahap ke-II.

” Pihak Bulog telah meminta kami untuk melakukan pengecekan langsung kualitas Rastra di gudangnya. Pengecekan ini tidak dilakukan sendiri oleh dinsos, tapi akan melibatkan para lurah dan camat,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Feliksberto Amaral kepada wartawan pada sela-sela acara coffe morning bersama Walikota Kupang dengan dihadiri semua Kepala OPD di Restaurant Subasuka Paradise, Kamis (6/7/2017).

Menurut Amaral, hal yang dilakukan oleh Bulog ini sangatlah tepat, karena dengan kasus kualitas beras sangat rendah yang dibagi pada tahap pertama sudah menimbulkan anggapan masyarakat bahwa bantuan tersebut asal-asalan.

Baca juga : Buka Lowongan Kerja di 27 Kota, PLN Akan Rekrut 6.800 Pegawai

Namun untuk menghilangkan anggapan buruk masyarakat soal bantuan tersebut, pihak Bulog ingin memastikan bahwa pendistribusian beras tahap I dengan kualitas yang sangat buruk, bukan disengaja oleh pihak Bulog.

” Kami menghargai apa yang dilakukan pihak bulog, yang ingin memperbaiki kesalahan pertama soal pendistribusian beras yang buruk,” Katanya,.

Amaral mengaku, secara keseluruhan, penerima Rastra sesuai data tercatat pada Dinsos, untuk jatah Rastra dari pemerintah pusat penerimanya sebanyak 13 ribu 740 keluarga miskin (KK). Sementara untuk jumlah penerima Rastra Daerah yang biayai oleh APBD sebanyak 1751 KK .

Amaral mengaku, sesuai jadwal yang disepakati bersama pihak camat dan kelurahan, pengecekan kualitas beras Rastra di gudang Bulog akan dilakukan besok, Jumat (7/7).