Terapkan PSB Secara Online, Dinas PK Kerjasama Dengan PT Telkom

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dalam menerapkan sistim penerimaan siswa baru (PSB) untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kota Kupang akan melakukan kerjasama dengan PT Telkom Kupang.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan penandantanganan MoU antara dinas dan PT Telkom. Draft kerjasama sudah disiapkan dan tinggal menunggu MoU dengan pihkan PT Telkom,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Filmon Lulupoli kepada wartawan.

Menurutnya, dalam kerjasama tersebut, pihak telkom akan memasang server disetiap sekolah negeri yang ada di Kota Kupang, dan usernya juga akan dipegang pada dinas.

Baca : Tour de Flores 2017 Siap Digelar

“Jadi pendaftaran bisa dilakukan oleh siswa dimana saja dengan menggunakan internet dan pihak lewat sekolah lewat server yang dipasang akan mengikuti proses tersebut,”Ujar Lulupoi.

Dikatakan, meskipun PSB menggunakan sistim online, tapi sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang ada, penerimaan akan menggunakan dua cara yaitu, cara yang pertama berbasis nilai ujian murni dan zona. Untuk penerimaan siswa berbasis nilai ujian murni, yaitu pihak sekolah akan mematok nilai tertinggi sesuai dengan kebijakan sekolah. Sementara untuk sistim zona, penerimaan akan lebih memprioritaskan siswa yang domisilinya dekat dengan sekolah.

“Contohnya begini. Untuk SMPN I dan II. Penerimaan akan lebih diprioritaskan untuk mereka yang tinggal di Kelurahan Oetete, Fontein, Merdeka dan Kuanino. Jadi misalkan ada siswa yang domisilinya jauh tapi nilainya tinggi dan dia mendaftaran di SMPN II, namun bersamaan ada siswa yang nilainya rendah, tapi rumahnya tepat disebelah pagar SMP II, maka siswa yang rumahnya dekat SMP II lebih diprioritaskan untuk diterima,” kata Lulupoi.