David Mangi: Pelayan KTP Kembali Normal

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dari tunggakan sebanyak 13 warga Kota Kupang yang telah melakukan perekaman Kartu Tanda Pendduduk elektronik (e-KTP) sejak September tahun 2016, namun belum mendapatkan KTP elektronik, pihak Dinas Kependudukan mulai melakukan pencetakan e-KTP sejak mendapat kuota 10 ribu keping blanko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Rata-rata pencetakan e-KTP setiap hari oleh dinas, jumlahnya bisa mencapai 200 hingga 300 keping, dan saat ini sudah tercicil hampir tiga ribu keping KTP elektronik yang dicetak,” Kata Kadis Dispendukcapil Kota Kupang, David Mangi,

David mengaku, kekosongan blangko e-KTP sejak sepemteber 2016 lalu, menyebabkan banyak warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP tidak mendapatkan KTP. Namun berdasarkan kebijakan dari Kementerian, Dispenduk capil disemua kabupaten kota diseluruh Indonesia, diminta untuk menerbitkan surat keterangan kependudukan bagi warga yang telah melakukan perekaman e-KTP sebagi pengganti KTP, sehingga pihak dispendukcapil kota kupang telah mecetak ribuan surat keterangan bagi penduduk Kota Kupang.

Baca : Dua Ranperda Penting Insiatif DPRD TTU, Lambat Ditetapkan Menjadi Perda

Namun sejak awal Mei 2017 pembuatan surat keterangan dihentikan menyusul adanya blangko e-KTP yang disuplai oleh kementerian, kini dinas lebih fokus melakukan pencetakan KTP.

Mangi mengaku, meskipun kementerian sudah mengalokasikan blangko e-KTP sebanyak 10 ribu keping, namun jumlah tersebut masih kurang, karena warga Kota Kupang yang sudah melakukan perekaman sudah sebanyak 13 ribu. Untuk itu, pihaknya akan membuat surat permintaan lagi kepada pihak kementerian untuk menutupi kekurangan yang ada.