Program IFAD di Kota Kupang Sementara ditangguhkan Kementerian

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Penyaluran dana bantuan kepada masyarakat pesisir dari International Fund for Agricultural Development (IFAD) Roma Italia, untuk Kota Kupang mengalami penundaan ditahun 2017.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa, kepada wartawan, di Kupang, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya, Bantuan IFAD untuk Kota Kupang di tahun 2017 ini, sementara ditangguhkan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan. Alasan kementerian menangguhkan dan tersebut, karena saat ini proses administrasi untuk bantuan tersebut dicairkan belum rampung, sehingga oleh kementerian ditangguhkan sementara.

“Memang kami mendapat kabar dana IFAD untuk tahun 2017 sudah siap, dan menyangkut kapan peluncurannya kita menunggu petunjuk dari pihak Kementerian,” ujarnya.

Baca : KPUD NTT Gelar Rakor Pemutakhiran DPT 2017

Ia mengaku, Sejak tahun 2013 lalu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kupang melaksanakan proyek proyek Coastal Community Development International Fund for Agricultural Development (CCD-IFAD. Banyak pihak, khususnya masyarakat yang tinggal di kelurahan-kelurahan pesisir pantai telah merasakan manfaat dari program ini.

Hasil evaluasi pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta Lembaga internasional asal Roma Italia (IFAD), pelaksanaan Program IFAD di Kota Kupang terpilih sebagai yang terbaik di Indonesia. Terbukti, PIU (Project Implementation Unit) IFAD Kota Kupang mendapat penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI akhir tahun 2015 lalu.

Menurutnya,, dalam rentang waktu 2013-2016, Kota Kupang telah mendapatkan bantuan IFAD sebesar Rp 22 miliar lebih. Sedangkan dana penunjang dari APBD Kota Kupang sekitar Rp 2 miliar lebih. Dengan demikian, total anggaran dalam rangka mendukung seluruh kegiatan proyek pembanguna