Rumah Control BTS Telkomsel Turiskain Ludes Terbakar

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Atambua, NTTOnlinenow.com – Diduga akibat arus pendek, bangunan rumah control Base Transceiver Station (BTS) milik Perusahan Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Indonesia di wilayah Turiskain desa Maumutin kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ludes terbakar pada Senin (12/06).

Kebakaran yang terjadi membuat warga sekitar BTS panik namun tak bisa berbuat apa – apa. Upaya pemadaman oleh warga yang melintas tak bisa dilakukan, lantaran kondisi bangunan BTS yang terkunci dan warga takut terjadi ledakan yang bisa membahayakan keselamatan jiwa mereka.

Baca : Pemkot Belum Terapkan PSB Online

Terlihat asap hitam pekat keluar dari dalam bangunan control BTS yang berlokasi di pinggiran jalan dekat pemukiman warga. Kobaran apipun semakin membesar, menghanguskan bangunan BTS yang ada. Sesekali terdengar juga ledakan-ledakan kecil. Sejumlah warga nampak berada dilokasi BTS yang terbakar namun terlihat hanya berdiri di jalan raya dan halaman rumah mereka menyaksikan kebakaran yang terjadi.

Dari lokasi kejadian hanya terdengar percakapan warga tak berinisiatif melakukan pemadaman api lantaran takut adanya ledakan yang bisa membahayakan keselamatan jiwa mereka. Selain itu wargapun tidak berani masuk ke area BTS karena adanya larangan yang dipasang pihak perusahaan dan posisi pintu pagar digembok.

Saat kebakaran terjadi, tidak terlihat adanya petugas di lokasi kejadian. Dipastikan jauhnya lokasi BTS dari kota kabupaten Belu yang harus ditempuh selama 4 jam perjalanan menjadi penyebab petugas terlambat tiba di lokasi kebakaran.

Dugaan sementara kebakaran BTS tersebut terjadi akibat adanya hubungan arus pendek listrik atau korsleting, kobaran api yang membesar dan adanya ledakan kecil disertai semburan serpihan material diduga berasal dari jaringan kabel yang berada dalam rumah control bts tersebut. Apipun dibiarkan berkobar melahap habis rumah control BTS hingga padam dengan sendirinya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Perusahaan Telkomsel Kabupaten Belu belum berhasil dikonfirmasi.