300 Koperasi di Kota Kupang Akan Dibubarkan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Koperasi Kota Kupang berencana akan membubarkan sebanyak lebih dari 300 Koperasi di Kota Kupang. Rencana tersebut akan dilakukan pada koperasi yang tidak aktif lagi selama beberapa tahun terakhir di Kota.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi Kota Kupang, Balina Uly kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Selasa (13/6/2017).

Ia mengatakan, secara keseluruhan di Kota Kupang ada 566 koperasi, namun dari hasil penelusuran dinas terhadap keberadaan koperasi-koperasi tersebut, hanya terdapat 243 yang aktif, namun dari jumlah yang aktif tersebut, hanya terdapat 100 lebih Koperasi yang melakukan rapat akhir tahun (RAT) anggota Koperasi. Sementara sisanya yang sementara aktif tidak pernah melakukan RAT.

Baca : Besok DPD II Golkar Kota Kupang Gelar Rapimda

Balina mengaku, terhadap koperasi-koperasi yang tidak aktif, pihak tengah melakukan pendataan ulang, sehingga ketika koperasi tidak aktif sama sekali, maka sebaiknya ditutup saja. Sementara menyangkut koperasi aktif namun tidak pernah melakukan RAT, akan ditelusuri keaktifannya, mengingat RAT merupakan salah kewajiban yang harus dilakukan oleh Koperasi.

Rapat anggota koperasi, Kata Uly, dialakukan minimal 1 tahun sekali yang disebut sebagi RAT, tetapi sesungguhnya Rapat Anggota dapat dilakukan sewaktu-waktu jika memang terdapat masalah koperasi yang kewenanganya ada pada Rapat anggota.

“RAT Merupakan Rapat Anggota berwenang untuk menetapkan Anggaran Dasar, kebijaksanaan umum di bidang organisasi, manajemen, dan usaha Koperasi, pemilihan, pengangkatan, pemberhentian Pengurus dan Pengawas, rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi, serta pengesahan laporan keuangan, pengesahan pertanggungjawaban Pengurus dalam pelaksanaan tugasnya, pembagian sisa hasil usaha, penggabungan, peleburan, pembagian, dan pembubaran Koperasi,” ujarnya.