Lindungi Konsumen, Disperindag TTU MusnahKan Makanan Kadaluarsa

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), melakukan pemusnahan barang kadaluarsa yang disita selama kegiatan operasi bulan Ramadhan. Barang kadaluarsa yang paling banyak ditemukan yakni berupa bahan kosmetik dan sejumlah makanan juga minuman ringan.

Pemusnahan barang kadaluarsa hasil sitaan dalam operasi selama bulan Ramadhan yang dilakukan pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten TTU Senin (12/06/2017) di area belakang perkantoran Disperindag.

Menurut Kabid Disperindag TTU, Antonius Eko barang kadaluarsa yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil operasi yang dilakukan selama dua minggu yang disita dari sejumlah toko dan kios yang ada di kota Kefamenanu.

“Barang – barang kadaluarsa yang dimusnahkan ini merupakan hasil operasi selama dua minggu yang kami sita dari sejumlah toko dan kios yang ada di kota kefamenanu”, kata Eko.

Baca : Teladani Ajaran Misionaris, Umat Paroki Oeolo Gelar Tradisi Natura

Lanjutnya, “Dari daftar yang kita peroleh ada 36 pelaku usaha dan semuanya kita lakukan penertiban. Penyitaan yang kita lakukan tidak bertujuan merugikan para pelaku usaha tetapi bagaimana supaya para konsumen terlindung dari barang – barang berbahaya yang tidak seharusnya dikonsumsi oleh masyarakat.

Barang kadaluarsa yang paling banyak kita temui dalam sidak pagi tadi, diantaranya minyak goreng, bahan kosmetik, makanan ringan berupa kerupuk dan minuman sprite dan coca cola.

Terhadap para pelaku usaha yang ditemukan menjual barang kadaluarsa, pihak Disperindag telah meminta membuat surat pernyataan untuk tidak lagi menjual barang-barang kadaluarsa. Teguran kepada para pelaku usaha akan diberikan selama tiga kali dan akan dikenakan sanksi tegas bagi yang mengabaikan.