Pemkot Segera Kerjakan Tiga Ribu Titik Lampu Jalan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kota Kupang, Johny Bire mengatakan, untuk tahun 2017 ini pemerintah Kota Kupang akan melakukan pemasangan baru lampu penerangan jalan dan lingkungan di sebanyak tiga ribu titik yang tersebar di 51 Kelurahan di Kota Kupang.

Menurut Johny Bire, dalam pemasangan baru 3 ribu lampu penerangan jalan tersebut, pihaknya akan memprioritaskan pemasangan pada titik-titik rawan disetiap lingkungan kelurahan, terlebih pada titik-titik yang sudah menjadi permintaan warga yang disampaikan saat walikota berkantor di kelurahan maupun melalui reses Anggota DPRD Kota Kupang.

Selain melakukan pemasangan jaringan penerangan jalan baru, Kata Bire, pihaknya juga akan melakukan rehabilitasi sejumlah jaringan lampu penerangan jalan yang telah rusak atau dicuri orang.

“Pemasangan 3 ribu jaringan baru untuk lampu penerangan jalan yang dilakukan pemerintah melalui bagian umum ini merupakan pemasangan tahap kedua dengan tahap pertama sudah direalisasikan pada tahun 2016 lalu.

Baca : Pererat Kerja Sama TNI-Polri, Kapolda NTT Silaturahmi dengan Pangdam IX Udayana

Ia mengatakan, pagu anggaran untuk pemasangan tiga ribu jaringan lampu penerangan jalan Kota Kupang tahun 2017 sebesar Rp.9 miliar. Dana tersebut diperuntukan bagi pengadaan sebanyak 3000 lampu baru jenis LED berkapasitas 40 dan 60 Watt.

“Adanya variasi kapasitas lampu antara 40 dan 60 Watt disebabkan karena dalam pemasangan jaringan terdapat perbedaan antara lokasi jaringan di pinggiran jalan negara dan jalan lingkungan. Untuk lokasi jalan negara maupun jalan provinsi, pihaknya akan memasang lampu dengan kapasitas terang sebesar 60 Watt. Sedangkan untuk jalan lingkungan akan dipasang lampu penerangan berkapasitas 40 Watt.

Johny mengaku, saat ini proses pemasangan jaringan baru penerangan lampu jalan di Kota Kupang sudah dalam proses administrasi, yakni pengadaan melalui e-katalog, dan tidak melalui proses lelang. “Dipastikan diawal bulan Juli atau paling lambat pertengahan bulan Juli mendatang, pekerjaan fisik pemasangan tiga ribu jaringan baru penerangan lampu jalan di Kota Kupang sudah bisa dilakukan.