Polsek Malaka Tengah Akan Diusulkan Status Polsek Urban

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Belu, NTTOnlinenow.com – Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan mengatakan, khusus Kepolisian Sektor (Polsek) Malaka Tengah, Kabupaten Malaka yang berbatasan dengan negara Timor Leste akan segera ditingkatkan statusnya menjadi Polsek Urban.

Adapun dasar pertimbangan pengusulan status Polsek Urban dikarenakan Malaka telah menjadi sebuah Kabupaten defenitif. Hal itu guna mendukung serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat serta kamtibmas.

“Kalau kita maunya cepat peningkatan status Polsek Malaka Tengah jadi Polsek Urban bisa dan ini sudah mau kita usulkan,” ujar Yandri saat dikonfirmasi media saat mengunjungi personel di Polsek Malaka, Kabupaten Malaka, Rabu (7/6/2017).

Lanjut Yandri, selain usul status Polsek Urban dan juga peningkatan status penambahan untuk Polres Malaka.

Baca : Satpol PP Belu Amankan Tiga Kendaraan Bermuatan Sapi

Namun demikian usulan status Polres harus melalui keputusan Mabes Polri. “Kita hanya siapkan personel, sarana prasarana, dan lahan tentunya juga dukungan dari masyarakat dan Pemkab Malaka,” ucap dia.

Dikatakan, kita akan merintis, menghidupkan Polsek Malaka dan justru menghidupkan Kabupaten Malaka. Dengan hadirnya saya bersama para Kabag dan Kasat sesering mungkin kesini, otomatis bahwa Kabupaten Malaka ini sudah Kota dan biar masyarakat semua sadar bahwa ini bukan bagian dari Kabupaten Belu.

“Tetapi ini adalah salah satu Kabupaten yang ada di NTT. Jadi merubah minsed masyarakat, bahwa Malaka sudah Kabupaten. Tapi untuk tingkatkan status Polres itu keputusan Mabes,” kata dia.

Ketika ditanyai soal apakah isu-isu nasional berpengaruh di wilayah Belu dan Malaka, jelas Yandri kalau ribut di NTT bulan toleransi agama. Toleransi sudah lewat jauh di masyarakat NTT, seperti kehidupan masyarakat di Belu dan Malaka universal sudah melekat.

“Saya lihat masyarakat di sini tidak terpengaruh dengan isu nasional. Mereka sangat saling menghormati antar umat beragama, saling hidup persaudaraan satu sama lainnya, baik itu suku atau ras apa tidak lihat. Yang perhatikan disini itu bagaimana wilayah ini situasinya aman, kondusif dan mereka mencari nafkah aman,” sebut dia.