Esthon Janji Kembangkan Pariwisata dan Sejahterakan Masyarakat NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Esthon Foenay berjanji akan membangkan pariwisata di provinsi itu sebagai salah satu sumber devisa daerah juga sebagai ikon pariwisata nasional. Selain itu, Esthon mengaku memiliki visi dan misi yakni mensejahterakan masyarakat NTT.

Hal ini disampaikan calon gubernur NTT, asal Partai Gerindra Esthon Foenay usai mendaftar di PKPI dan PAN, Senin (5/6/2017).

Menurut Bekas Wakil Gubernur NTT periode 2008-2013 itu, ada beberapa kabupaten di daerah berbasis kepulauan itu yang memiliki potensi pariwisata unggulan. “Itulah yang akan kami kembangkan,” katanya.

Esthon menyebut, Kabupaten Manggarai Barat misalnya memiliki potensi unggulan Taman Nasional Komodo (TNK) dan taman lautnya, di Ende ada Danau Kelimutu, di Kabupaten Alor ada taman lautnya. Di Kabupaten Sumba ada budaya Pasola dan di Kabupaten Rote Ndao ada selancar di Nemberala.

Bukan cuma itu, keunikan budaya dan kekhasan panirama alam lainnya juga tersebar di hampir 22 kabupaten kota di provinsi berkepulauan itu. “Nah potensi-potensi itulah yang akan kami kembangkan,” katanya.

Agar bisa berjalan seirama, maka kebijakan program pemerintah provinsi akan disinergikan dengan rencana pembangunan di daerah. “Ini akan sangat sejalan sehingga programnya bisa benar-benar dirasakan masyarakat,” katanya.

Selain sektor pariwisata potensi lainnya juga akan dikembangkan seturut kondisi di masing-masing daerah itu. “Tentunya akan ada sinergi baik berkaitan dengan anggaran maupun kebijakan lainnya,” kata bekas Kepala.Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTT itu.

Ketua DPD Partai Gerindra NTT itu mengaku, visi dan misinya menyejahterakan masyrakat. “Membuat sejahtera itu dilakukan dengan mensinergikan program pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi,” katanya.

Dia mengatakan, setiap kabupaten di provinsi NTT memiliki potensi dan karakter tersendiri sehingga pembangunannya harus disesuaikan dengan karakter daerah. “Kalau daerahnya punya potensi pertanian ya kita kembangkan pertanian. Begitu juga perikanan dan peternakan,” kata Esthon.

Oleh karena itu, lanjutnya, visi dan misi pasangan Esthon-Chris bisa dipertanggung jawabkan kembali ke seluruh lapisan masyarakat NTT. “Kita juga akan menjelaskan visi dan misi ini di partai yang kami daftar ini. Termasuk PKPI dan PAN yang kami daftar,” kata Esthon yang didampingi calon wakil gubernur Christian Rotok.

Pasangan Esthon-Chris mendaftar ke PKPI dan PAN dihantar sejumlah pengurus Gerindra dan Partai Perindo. Di PKPI pasangan ini diterima Ketua DPD PKPI NTT Yan Mboeik serta seluruh jajaran partai itu. “Kami akan periksa semua berkas yang disampaikan ini,” ujar Yan.