Tahun 2017 Tidak Ada Jobfair di Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Tahun 2017, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kota Kupang tidak lagi menggelar Pameran Kesempatan Kerja (jobfair). Pasalnya penyelenggaraan jobfair harus mendapat restu dari kementerian, dan untuk tahun 2017 pemerintah Kota Kupang tidak mendapat persetujuan untuk menggelar jobfair

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Nakertrans Kota Kupang, Yohanis Goza kepada wartawan di Balai Kota Kupang.

Ia mengatakan, Jumlah angkatan kerja di Kota Kupang setiap tahun terus meningkat. Data terakhir yang ada dipemerintah jumlah pengangguran juga meningkat. Salah satu tugas pemerintah menyiapkan ketersediaan lapangan kerja dan melayani pencari kerja untuk mendapat pekerjaan. Upaya itu bisa dilakukan dengan menggelar pameran kesempatan kerja (jobfair). Namun sayangnya, tahun ini jobfair tidak digelar.

Baca : PKB Minta Kurikulum Pelajaran Agama Harus Dievaluasi Secara Total

“Tidak semua lembaga bisa menyelenggarakan pameran kesempatan kerja. Pemerintah mengaturnya dalam beberapa ketentuan diantaranya Permenaker No.39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja. Sejumlah lembaga yang bisa menggelar pameran itu yakni instansi pemerintah, dinas provinsi, dinas kabupaten/kota, Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS) dan lembaga berbadan hukum. Namun harus mengantongi izin dari lembaga terkait,” katanya.

Ia mengaku, meskipun tahun ini tidak ada pameran kesempatan kerja, pemerintah Kota Kupang akan mengupayakan pada tahun 2018 nanti, akan ada pameran kesempatan kerja.