Sekda Belu Himbau Sekdes Jangan Arogan, Tapi Dukung Kerja Kades

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Belu, Petrus Bere menghimbau kepada para Sekretaris Desa (Sekdes) agar tolong membangun hubungan kerja yang baik dengan Kepala Desa baru yang terpilih. Sehingga bersama Kades silpa tahun ini bisa terserap semuanya secara baik ke masyarakat.

“Sekdes jangan tutup mati silpa tidak pernah buka dengan Kades. Tidak boleh karena itu kepentingan rakyat. Saya mencium itu dari Kabupaten lain, semoga di kita tidak terjadi,” ujar Bere dalam pertemuan dengan seluruh Kepala Desa bersama perangkat Desa di lantai I Kantor Bupati Belu, Jumat (2/6/2017).

Ditegaskan, para Sekdes itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan harus tahu diri. Kalian diangkat istimewa, bukan berarti harus berkuasa di atas Kades yang dipilih karena jabatan politik.
Oleh karena itu tunjukan keistimewaan itu dan tolong mendukung Kepala Desa.

“Anda Sekdes dipilih instimewa, tapi jangan berkuasa. Dukung Kades dan jangan tutup silpa, itu uang rakyat untuk kepentingan rakyat,” ujar dia.

Baca : Pengelolaan Dana Desa Jangan Diadukan Dengan Kepentingan Politik

Lanjut Bere, sangat disayangkan kalau ada Sekdes seperti itu mau berkuasa sendiri, tidak dukung Kades maka hari ini harus berubah. Anda PNS harus menjaga wibawa sebagai aparatur negara. Jangan terlalu baiyu di Desa, tapi harus terbuka dengan Kades.

“Jangan tutup diri, tapi terbuka untuk kepentigan umum. Karena kalian Sekdes itu dapurnya daerah, untuk apa juga tutup diri. Walau kemarin tidak dukung Kades terpilih jangan dibawa ke pekerjaan,” ucap dia.

Bere meminta, para Sekdes tunjukan kinerja yang baik dengan para Kades. Harus mendukung seluruh program-program Kades dalam membangun wilayah, bukan menghindar. Banyak Kades yang bingung karena Sekdes yang baiyu.

“Kalau ada Sekdes siapa yang nakal, para Kades tolong kasih tahu,” tandas Bere.