Walikota Kupang Lantik Kadis Pendidikan dan Perikanan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Walikota Kupang Resmi melantik dan mengambil sumpah kepala dinas Perikanan dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang. Kedua pejabat yang dilantik adalah Filmon Lulupoi sebagai Kadis Pendidikan dan Orson Nawa sebagai Kadis Perikanan. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah kedua Kadis itu berlangsung di Lantai I, Balai Kota Kupang, Rabu (31/5/2017).

Acara pelantikan itu dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Marthinus Medah, Sekda Kota Kupang, Bernadus Benu, dan sejumlah Forkopimda.

Walikota Kupang dalam sambutannya mengatakan, pelantikan kadis Pendidikan dan Perikanan sesuai UU Nomor 10 tahun 2016 sebenarnya dilarang, karena sebagai Walikota masa jabatan dirinya akan habis pada 1 Agustus 2017 nanti, selain itu mutasi pejabat juga dilarang oleh UU tersebut bagi kepala daerah yang akan masa jabatan dalam enam bulan.

Baca : Kapal Pembangkit Listrik di Kupang Ramah Lingkungan

Namun, Kata Jonas, keberadaan kedua kadis itu sangat dibutuhkan, menyusul banyak kepentingan yang harus ditandatangani, seperi ijasah Lulusan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 untuk tingkatan SD, SMP, dan sejumlah program pada dinas perikanan Kota Kupang, yang butuh tantandangan kadis definitif. Atas kebutuhan itu, pemerintah Kota Kupang kemudian berinisiatif menyurati pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta restu melakukan pelelangan jabatan untuk kedua jabatan kadis tersebut. Kemudian permintaan dari Pemkot Kupang, mendapat respon dari Kemendagri untuk segera dilakukan pelelangan jabatan mengisi kedua jabatan tersebut.

Setelah itu pemerintah kemudian melakukan pelelangan jabatan, dan dari hasil pelellangan jabatan itu, muncul dua nama yang mengemuka, yaitu, Orson Nawa dan Filmon Lulupoi. Pemerintah Kemudian mengirim kembali kedua nama calon kadis ke Kemendagri untuk meminta persetujuan pelantikan, dan pihak Kemendagri kemudian lewat Surat Mendagri Nomor 824.405/Otdha, tanggal 26 Mei 2017, tentang ijin seleksi pejabat pratama di Kota Kupang, sebagai Walikota Kupang, dirinya kemudian  kemudian melantik dan mengambil kedua pejabat tersebut.

“Jadi pelantikan bukan asal-asalan, tetapi melalui prosedur. Kami hanya ingin melancarkan pelayanan kepada masyarakat, mengingat keberadaan kadis untuk kedua OPD tersebut sangat penting,” kata Jonas.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Kupang juga melantik jajaran direksi PD. Pasar yang baru.