Dishub Ganti Ranperda Yang Akan Dibahas Dalam Sidang I

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dalam sidang I, DPRD Kota Kupang, pemerintah Kota Kupang mengusulkan sebanyak lima rancangan peraturan daerah (Ranperda) untuk dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan daerah (Perda), namun satu ranperda yang diajukan yaitu, Ranperda tentang pengelolaan parkiran tidak jadi dibahas dan diganti dengan Ranperda tentang pengujian berkala kendaraan bermotor.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Yogerens Leka kepada wartawan, Senin (29/05/2017).

Baca : Pencairan Dana Panwaslu Masih Menunggu NPHD Dikoreksi Bawaslu

Menurutnya, sejak awal pemerintah memang mengusulkan ranperda tentang pengelolaan parkiran di Kota Kupang, bahkan ranperda tersebut sudah masuk dalam prolegda dan sudah dibahas bersama komisi III, DPRD kota Kupang, namun karena ranperda tersebut belum siap, baik itu dari sisi naskah akdemik, dan syarat-syarat lain yang dibutuhkan dalam merancang sebuah ranperda, maka pemerintah kemudian berinisiatif mengganti ranperda tersebut dengan dengan ranperda uji berkala kendaraan bermotor.

“Karena semua belum siap maka kami gantikan dengan ranperda pengujian berkala kendaraan yang sudah siap untuk dibahas,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Badan Legislasi, (Baleg) DPRD Adrianus Talli mengaku, sangat kecewa denga pergantian usulan ranperda oleh pemerintah Kota Kupang yang dinilai tidak prosedural. Untuk itu sebagai salah satu anggota baleg, dirinya pasti menolak pembahasan perda soal pengujian kendaraan berkala. Selain itu, Fraksi PDIP menolak membahasa ranperda tersebut.