Pemkot Kupang Mulai Mendata Aset Sesuai Permintaan DPRD

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sejumlah Fraksi di DPRD Kota Kupang meminta pemerintah Kota Kupang melakukan pendataan terhadap sejumlah aset yang masih terdata sebagai milik pemerintah Kota Kupang, namun tidak dikuasai, Badan Keuangan Daerah (BKD) mulai melakukan pendataan aset-aset tersebut.

Demikian dikatakan, Kepala BKD Kota Kupang, Jefri Eduard Pelt kepada wartawan di Kupang, Sabtu (27/5/2017).

Menurutnya, banyak aset berupa kendaraan dinas yang keberadaanya tidak jelas lagi, misalnya mobil dinas yang diberikan kepada pejabat tertentu namun pejabat itu sudah pensiun, namun kendaraannya belum dikembalikan. Kemudian ada juga kendaraan yang diberikan kepada PNS tertentu, namun ketika berpindah jabatan, atau pensiun, kendaraan sudah berpindah tangan dari satu pejabat ke pejabat lain, Sehingga keberadaan kendaraan perlu dilacak kembali keberadaanya, dan jika kendaraan dimanfaatkan tidak sesuai peruntukannya maka akan ditarik.

Baca : BI NTT Sosialisasi Uang NKRI ke Warga Desa Biloto TTS

“Untuk pendataan Kami sudah mengambil data dari bagian perlengkapan, dan pendataan sudah dilakukan hampir sebulan, yang di koordinir oleh Kepala Bidang (Kabid) Akuntansi dan Aset, Fenny Skera,” Kata Jefri Pelt.

Menurutnya dalam pendataan aset akan dikelompokan, yaitu yang dimiliki dan dikuasai, akan dipisahkan yang dimiliki dan tidak dikuasai, dan yang dikuasai dan tidak dimiliki. Khusus yang dimiliki dan tidak dikuasai, seperti aset-aset berupa tanah, akan dicari bukti-bukti kepemilikannya dan diurus kembali.

“Ketiga kelompok itu akan dipisahkan untuk dilacak keberadaaanya, untuk memudahkan pengurusan pengesahan lebih lanjut,” kata Pelt.