Ramadhan Tiba, TNI Gandeng Polisi dan Masyarakat Bersihkan Makam Muslim

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Personel TNI dari Koramil 01/Kota Kodim 1605/Belu bersama Polisi serta masyarakat melakukan karya bakti pembersihan tempat pemakaman umum (TPU) muslim di Tini, Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste, Jumat (26/7/2017).

Danramil 01/Kota, Mayor.Inf Tasdiq Prawoto mengatakan, kegiatan karya bakti membersihkan TPU dilakukan sebagai bentuk peduli kebersihan lingkungan makam di bulan suci Ramadhan ini. Kegiatan ini juga sekaligus bersih wilayah sesuai program Pemerintah Daerah.

“Giat karya bakti tadi dihadiri Ketua MUI, PHBI Belu, Kepaka Kelurahan Rinbesi, para Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, anggota Satgas Yonif Raider 712/Wt serta masyarakat setempat,” ujar dia.

Baca : Radikalisme Harus Dilawan dengan Upaya Deradikalisasi

Dikatakan bahwa, hidup bersih dan rapi merupakan tuntutan hidup setiap insan. Kebiasaan yang patut untuk di contoh bagi kita semua adalah sebagaimana yang telah mengakar daging bagi kaum muslimin pada umumnya. Tatkala Ramadhan tiba, semua berbondong-bondong mengunjungi makam para leluhur dan keluarga.

“Mereka memanjatkan doa pada sang kholiq, agar arwah keluarga yang telah meninggalkan dunia diberikan ketenangan dan tempat yang layak disisiNya,” ucap dia kepada media usai kegiatan.

Lanjut Tasdiq, selain kegiatan pembersihan TPU, Kodim 1605/Belu juga dalam beberapa hari ini telah melakukan berbagai kegiatan karya bakti dalam rangka memperingati HUT Kodam IX/Udayana yang ke-60. Diantaranya membersihkan rumah-rumah ibadah, donor darah, baksos dan ziarah.